Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Ridwan Kamil Resmikan 2 Taman, Salah Satunya Terpanjang Di Bandung

Ilham Budhiman Rabu, 07/02/2018 14:02 WIB
Ridwan Kamil Resmikan 2 Taman, Salah Satunya Terpanjang di Bandung
Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan dua taman sekaligus pada Rabu (7/2). Dua taman tersebut masing-masing bernama Taman Cikapundung Alun-alun Regol dan Taman Bhineka Tunggal Ika.

Taman Cikapundung Alun-alun Regol terletak di Jalan Pasirluyu atau persis di sisi aliran sungai Cikapundung. Taman ini disebut-sebut sebagai taman terpanjang di Kota Bandung dengan panjang 1 km. Pembangunan taman ini juga salah satu bentuk revitalisasi terhadap sungai Cikapundung.

"Alhamdulillah sesuai komitmen revitalisasi satu kilometer sungai Cikapundung disepanjang Jalan Pasirluyu, antara Jalan Soekarno Hatta dan Pelajar Pejuang ini kita resmikan," kata wali kota yang kerap disapa Emil ini usai meresmikan kedua taman tersebut.

Seperti biasanya, konsep Taman Cikapundung Alun-alun Regol memiliki konsep yang serupa dengan Taman Sejarah ataupun Taman Badak di Balai Kota. Taman ini memiliki kolam cetek yang diperuntukkan bagi anak-anak. Namun, tak ada batas penghalang di bagian sisi yang berbatasan langsung dengan bibir aliran sungai Cikapundung.

Seperti namanya, alun-alun yang terletak di taman ini memiliki alun-alun meski tidak terlalu besar. Emil ingin agar setiap kecamatan di Kota Bandung memiliki alun-alun seperti halnya Alun-alun Cicendo yang baru saja diresmikan beberapa waktu lalu.

"Sampai suatu hari mimpinya setiap kecamatan memiliki alun-alun sendiri untuk melaksanakan kegiatan upacara atau yang lain-lain," katanya.

Kendati demikian, proses proyek ini sebenarnya masih merupakan tahap satu. Tahap selanjutnya, kata Emil, harus diteruskan oleh wali kota Bandung yang baru.

"Tapi ini baru tahap satu, baru sekitar 600 meter. 400 meter sisanya nanti dilanjutkan oleh wali kota Bandung yang berikutnya," katanya.

Proyek pembangunan ini menghabiskan dana senilai Rp25 miliar dari APBD Kota Bandung. Namun, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum juga turut menyumbang dana sebesar Rp5 miliar proyek tersebut.

"Sekitar Rp25 miliar dari APBD Kota Bandung. BBWS hanya Rp5 miliar. Revitalisasi sungai ini juga bagian dari komitmen Pemkot Bandung mendukung program Citarum Harum. Karena anak-anak sungai di Bandung Insya Allah telah dibersihkan, dirapikan dengan berbagai program," kata dia.

Sementara Taman Bhineka Tunggal Ika terletak di dalam komplek atau di Jalan Surlaya RW 04, Kelurahan Cijagra, Kecamatan Lengkong. Dengan pembangunan kedua taman ini, Emil berharap warga Bandung turut menjaganya serta mengingatkan untuk tidak membuang sampah langsung ke sungai.