Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 22 Oktober 2018

Kuota Taksi Online Di Jabar Masih Tersisa Banyak

Wisnu Wage Selasa, 06/02/2018 03:40 WIB
Kuota Taksi Online di Jabar Masih Tersisa Banyak
Taksi Uber
Reuters

Bisnis.com,BANDUNG--Dinas Perhubungan Jabar memastikan kuota taksi online masih tersedia cukup besar untuk sejumlah wilayah operasi.

Kadishub Jabar Dedi Taufik mengatakan kuota taksi online dipastikan masih tersisa banyak karena total perencanaan kebutuhan di Jabar mencapai 7.709 unit. 

Dimana wilayah operasi Bandung raya (Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat Dan Kabupaten Sumedang) sebanyak 4.542 kendaraan.

"Untuk Wilayah Operasi Cirebon Raya (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu) 1.343 unit," katanya pada Bisnis, Senin (5/2/2018).

Sementara Wilayah Operasi Purwasuka (Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang) Sebanyak 527 Kendaraan lantas Wilayah Operasi Sukabumi (Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur) 723 Kendaraan dan Wilayah Operasi Priarangan (Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran) 574 Kendaraan.

Sementara sisa badan hukum yang belum mendapat persetujuan dikatakan Dedi rata-rata terjadi karena mereka belum memenuhi persyaratan sesuai ketentuan Kemenhub seperti kesesuaian SIUP dan belum memenuhi batas minimal kepemilikan kendaraan atas badan hukum yang berbentuk PT. “Minimal kendaraan yang dimiliki itu 5 unit,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan sudah meminta juga agar mereka yang mengajukan izin untuk menyiapkan business plan mengenai kesiapan penyelenggaraan angkutan sewa khusus atau taksi online tersebut. 

Dedi menyatakan saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi agar para pihak segera melakukan legalisasi perizinan taksi online. “Karena kuotanya sudah ada,” tuturnya.