Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 24 Februari 2018

8 Manfaat Kesehatan Minyak Canola, Salah Satunya Bisa Mencegah Risiko Kanker

Ilham Budhiman Selasa, 06/02/2018 09:15 WIB
8 Manfaat Kesehatan Minyak Canola, Salah Satunya Bisa Mencegah Risiko Kanker
Minyak canola
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Minyak canola berasal dari biji tanaman kanola (ilmiah dikenal sebagai Brassica napus). Minyak ini telah mendapatkan predikat sebagai minyak kesehatan dalam beberapa dekade terakhir.

Hal ini lantaran minyak canola kaya akan asam alpha-linolenat dan asam linoleat, yang merupakan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang penting dan bermanfaat untuk kesehatan.

Selain digunakan untuk memasak, minyak canola juga bisa membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan rambut dan kulit. Minyak ini tidak hanya memiliki sifat kuratif namun juga dikenal karena kemampuan pencegahan penyakitnya.

Berikut inilah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan penggunaan minyak canola seperti dilansir Boldsky:

1. Membuat jantung sehat

Minyak canola dikenal sebagai salah satu minyak yang sehat untuk jantung. Minyak yang mengandung paling sedikit lemak jenuh membantu jantung yang sehat. Asam lemak dan juga sterol yang terkandung dalam minyak canola bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Minyak canola adalah pilihan yang sehat, karena bebas kolesterol. Fitosterol dalam minyak dapat menurunkan pembentukan dan penyerapan kolesterol yang diperoleh dari sumber makanan lainnya.

2. Menurunkan peradangan

Minyak canola dapat membantu menurunkan peradangan. Ini adalah obat untuk asma dan arthritis. Hal ini dapat membantu mengurangi kekakuan sendi dan dengan demikian meningkatkan mobilitas.

3. Meningkatkan energi

Minyak ini membantu metabolisme tubuh. Ini tidak akan membiarkan tingkat energi Anda rendah karena kandungan antioksidannya yang kaya dan juga kandungan kolesterolnya.

4. Menurunkan risiko kanker

Minyak ini ternyata bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker. Kandungan vitamin E dalam minyak canola diketahui efektif dalam mencegah kanker dan menurunkan perkembangan penyakit di tubuh.

5. Menurunkan kadar gula darah

Penggunaan minyak canola ternyata efektif dalam menjaga kadar gula darah. Penderita diabetes tercatat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah setelah penggunaan minyak canola.

ingginya lemak tak jenuh tunggal, yang membantu mengendalikan kadar gula darah atau insulin.

6. Mencegah penuaan otak

Manfaat kesehatan dari minyak canola juga mengandung bahan yang bisa meningkatkan kesehatan mental dan mencegah penuaan otak.

7. Membuat kulit sehat

Minyak canola digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Asam lemak yang terkandung dalam minyak menjaga kulit tetap bergizi dan melembabkan. Minyak ini sangat ideal untuk kulit kering.

Minyak canola juga digunakan untuk mengobati noda, keriput dan juga infeksi kulit. Minyak canola mengandung vitamin E dan antioksidan, yang membuat kulit kenyal dan awet muda.

8. Kesehatan rambut

Minyak canola adalah cara alami untuk mendapatkan rambut yang sehat. Ini memberi nutrisi pada rambut dan kulit kepala, dan membantu melawan ketombe.

Rambut kering dan keriting bisa diobati dengan menggunakan minyak canola, karena minyak ini menembus jauh ke dalam kulit kepala, yang bisa meningkatkan kualitas rambut.

Minyak ini juga mempercepat pertumbuhan rambut dan terbukti efektif dalam mengurangi rambut rontok.

Apps Bisnis.com available on: