Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 Februari 2018

Kenali 5 Jenis Kanker Yang Biasa Diidap Pria

Newswire Minggu, 04/02/2018 14:25 WIB
Kenali 5 Jenis Kanker yang Biasa Diidap Pria
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian baik pria maupun wanita. Pada pria, kanker prostat menjadi salah satu kanker utama yang paling sering dijumpai. 

Selain itu, masih ada sekurang-kurangnya empat jenis kanker lainnya, apa saja, simak dalam paparan singkat berikut: 


Kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker nomor satu untuk pria, dan kanker pembunuh nomor dua (setelah kanker paru-paru). American Cancer Society mencatat sekitar satu dari tujuh pria akan didiagnosis menderita kanker prostat selama hidupnya. 

Kanker prostat dimulai saat sel-sel di kelenjar prostat mulai tumbuh tak terkendali. Hampir semua kanker prostat adalah adenokarsinoma, yang berkembang dari sel kelenjar--sel yang membuat cairan prostat yang ditambahkan ke air mani. 

Ras, riwayat keluarga dan  usia menjadi faktor risiko yang tak dapat dikendalikan. Namun, konsumsi makanan yang sehat, menjaga berat badan tetap sehat dan tidak merokok bisa membantu mengenyahkan risiko terkena jenis kanker ini.


Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah kanker kedua yang paling umum pada pria dan wanita (tidak termasuk kanker kulit). Sekitar satu dari 14 pria akan menderita kanker paru-paru seumur hidupnya, dan ini termasuk perokok dan bukan perokok. Namun bagi perokok risikonya jauh lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak merokok. 

Kanker paru-paru ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol di satu atau kedua paru-paru. Saat mereka tumbuh, sel-sel abnormal dapat membentuk tumor dan mengganggu fungsi paru-paru, yang memberi oksigen ke tubuh melalui darah. 

Cara terbaik untuk mencegah kanker paru adalah dengan tidak merokok dan menghindari asap rokok. 


Kanker usus besar

Kanker usus besar adalah kanker ketiga yang paling umum didiagnosis pada pria. Secara keseluruhan, risiko seorang pria terkena kanker usus besar seumur adalah sekitar satu dari 21 untuk pria. 

Kanker usus besar dan kanker anus sering terjadi bersamaan dan disebut kanker kolorektal, walau tak selalu berbarengan. Kanker anus terpusat di anus yang letaknya beberapa inci dari usus besar.  

Skrining kanker, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol akan membantu mengurangi risiko terkena jensi kanker ini. 


Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih adalah kanker paling umum keempat pada pria. Kanker ini terjadi pada 9 dari 10 orang yang berusia di atas 55 tahun. Secara keseluruhan, kemungkinan pria akan mengembangkan kanker ini selama hidupnya sekitar 1 dari 26 orang.

Sel kanker dapat menyebar melalui lapisan ke dinding otot kandung kemih, sementara kanker kandung kemih invasif dapat menyebar ke kelenjar getah bening, organ lain di panggul (menyebabkan masalah dengan fungsi ginjal dan usus), atau organ lain di tubuh, seperti hati dan paru-paru.


Kanker kulit melanoma

Kanker kulit adalah kanker yang paling umum terjadi, dan melanoma hanya menyumbang sekitar satu persen kanker kulit, namun menyebabkan sebagian besar kematian akibat kanker kulit. 

Risiko melanoma meningkat seiring bertambahnya usia, dengan usia rata-rata orang ketika didiagnosis adalah 63, Namun, tidak jarang bahkan di bawah 30 tahun.

Ini adalah salah satu kanker paling umum pada orang dewasa muda, terutama wanita muda. Pria, antara usia 15-39 tahun berpeluang 55 persen lebih mungkin meninggal karena melanoma daripada wanita dalam kelompok usia yang sama, menurut Skin Cancer Foundation, seperti dilansir Medical Daily.

Apps Bisnis.com available on: