Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 27 Mei 2018

10 Makanan Ini Bisa Bikin Emosi Mereda, Benarkah?

Ilham Budhiman Jum'at, 02/02/2018 08:55 WIB
10 Makanan Ini Bisa Bikin Emosi Mereda, Benarkah?
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Sesuatu hal yang tidak menyenangkan bisa membuat emosi bagi sebagian seseorang. Hal tersebut bahkan bisa sampai menimbulkan amarah. 

Bila sudah sampai demikian, rasa amarah yang tak tertahan bisa menimbulkan stres atau memunculkan pikiran yang tak jernih sehingga bisa-bisa membuat seseorang menjadi nekat. 

Sebenarnya ada yang bisa dilakukan untuk meredakan emosi hingga menimbulkan amarah salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bisa meredakan hal tersebut.

Makanan-makanan tersebut disinyalir bisa membantu seseorang keluar dari tekanan emosi. Dilansir Boldsky, berikut 10 makanan yang bisa membuat tenang hingga meredekan emosi yang tak tertahan.

1. Pisang

Pisang mengandung dopamin yang bisa meningkatkan mood dan merupakan sumber vitamin A, B, C, dan B6 yang akan menenangkan pusat saraf.

2. Dark chocolate

Mengonsumsi dark chocolate akan membantu otak mengeluarkan endorfin dan serotonin yang membantu untuk menurunkan stres dan tingkat kecemasan.

3. Kacang kenari

Kacang kenari mengandung asam lemak omega 3, vitamin E, melatonin, dan zat antioksidan. Semua nutrisi ini berguna untuk memperbaiki suasana hati.

4. Kopi

Kopi mengandung sejumlah neurotransmitter yang berguna untuk mengontrol suasana hati dan kegelisahan. Minum secangkir kopi terbukti bisa mengurangi kemarahan karena kopi akan mengaktifkan sel induk otak untuk menghasilkan neuron baru.

5. Daging ayam

Daging ayam kaya akan asam amino yang disebut dengan tryptophan yang berperan besar untuk meningkatkan mood, mengurangi gejala depresi, dan mengurangi kemarahan.

6. Biji-bijian

Biji-bijian sehat mengandung vitamin E, vitamin B, dan seng yang membantu meringankan kemarahan serta membantu dalam menstabilkan suasana hati.

7. Teh chamomile

Kandungan zat antioksidan dan flavonoid di dalam teh chamomile membantu untuk menenangkan sistem saraf dan mengontrol emosi.

8. Kentang

Kentang kaya akan karbohidrat dan vitamin B yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah, tingkat stres, serta mengendalikan kemarahan.

9. Seledri

Makan seledri membantu untuk membersihkan pikiran, menenangkan perasaan, serta membantu dalam menyembuhkan rasa amarah. Juga bisa minum jus yang dicampur seledri untuk meredam kemarahan.

10. Bayam

Bayam kaya akan serotonin, neurotransmitter yang membantu menstabilkan suasana hati dan meredakan amarah.

Apps Bisnis.com available on: