Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 Februari 2018

Butuh Dana Besar, BPR Di Cirebon Belum Sanggup Sediakan Layanan ATM

Maman Abdurahman Senin, 29/01/2018 15:47 WIB
Butuh Dana Besar, BPR di Cirebon Belum Sanggup Sediakan Layanan ATM
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON—Kalangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di wilayah Cirebon dan sekitarnya hingga saat ini belum mampu menyediakan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bagi para nasabahnya, hal itu disebabkan besarnya dana yang diperlukan untuk penyediaan alat tersebut.

Pesatnya perkembangan dunia digital saat ini telah merambah pada sektor perbankan dan keuangan hal itu ditandai dengan munculnya layanan Financial Technology (Fintech) yang dipastikan akan berdampak terhadap perbankan konvensional tak terkecuali BPR.

Ketua Persatuan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Cirebon, Mukmin mengatakan beberapa BPR memiliki keinginan untuk menyediakan fasilitas yang memudahkan nasabah menarik dana tunai, akan tetapi soal kebutuhan dana investasi masih jadi persoalan utama.

Dia menuturkan jika tidak berinovasi maka cepat atau lambat BPR akan ditinggalkan nasabah, maka dari itu perlu ada upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah seperti yang dilakukan kalangan perbankan umum.

“BPR bisa saja memberikan fasilitas kartu ATM tapi untuk mesin tarik tunainya kerjasama dengan ATM Bersama,” katanya, Senin (29/01/2018).

Mukmin mengungkapkan menghadapi persaingan dengan perbankan umum yang menggarap sektor mikro, cukup membuat BPR kewalahan apalagi saat ini harus bersaing dengan Fintech.

“Tantangan BPR kedepan pasti semakin berat, hal itu sejak tahun lalu terus menjadi kajian para pengelola BPR di wilayah Cirebon,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: