Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 28 Mei 2018

Pasar Penyihir Di Bolivia Ini Sediakan Barang-Barang Aneh, Tertarik Ke Sana?

Ilham Budhiman Jum'at, 19/01/2018 09:42 WIB
Pasar Penyihir di Bolivia Ini Sediakan Barang-Barang Aneh, Tertarik ke Sana?
Pasar Mercado de las Brujas
Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG - Ada yang unik bahkan aneh di sebuah pasar di Bolivia lantaran pasar tersebut menyediakan barang-barang yang tidak biasa.

Pasar di Mercado de las Brujas yang terletak di Melchor Jimenes, La Paz, Bolivia ini menjual pelbagai barang yang aneh seperti janin llama, bulu burung hantu, ramuan buatan, atau katak kering. 

Pasar yang disebut 'Pasar Penyihir' ini sangat terkenal di kota itu. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pasar ini karena tertarik dengan keunikan yang dijual.

Berdiri di ketinggian 11.975 meter di atas permukaan laut, para pedagang yang berjualan biasanya masih mengenakan busana tradisional seperti menggunakan topi bowler dan rok lebar bagi penjual wanita. 

Budaya pra-Kristen tetap kuat di Bolivia, yang memiliki mayoritas asli, dan mereka mengatakan bahwa telah terjadi kebangkitan kembali minat terhadap kepercayaan tradisional dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, hal yang paling aneh yang dijual di 'Pasar Penyihir' ini adalah kucing liar yang dikeringkan ataupun kaki dari potongan mayat.

Akibatnya, pemerintah setempat sempat melarangnya untuk menjual barang-barang itu. Kendati demikian, para pedagang tetap menunjukkannya kepada wisatawan meskipun tak dijual. Hal ini dinilai menarik untuk wisatawan.

Hal lain yang aneh adalah janin llama. Janin llama adalah salah satu pembelian yang paling umum karena diyakini dapat mengusir roh jahat. Banyak pekerja, misalnya, membeli janin llama untuk menangkal kecelakaan bekerja.

Begitu juga dengan para penambang yang sering membeli sebuah permen, alkohol dan koka untuk menebus kekayaan yang mereka ambil dari bumi serta untuk menjaga agar mereka aman dari bahaya saat bekerja.

Item populer lainnya yang laku terjual adalah simbol katak atau katak kering. Begitu juga dengan item kura-kura dan condors yang menggambarkan pasangan sedang menjalin cinta agar membuat perjalanannya aman.

Di sisi lain, banyak juga para siswa yang membeli barang seperti batu berukir yang dipercaya sebagai jimat untuk membantu menyelesaikan ujian dengan benar.

Mercado de las Brujas buka setiap harinya dari pukul 09.30 waktu setempat hingga pukul 19.00 malam. Tertarik untuk ke sana?

Apps Bisnis.com available on: