Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 27 Mei 2018

Luhut: AP II Siapkan Rp1,4 Triliun Untuk Bandara Kertajati

Wisnu Wage Rabu, 17/01/2018 10:20 WIB
Luhut: AP II Siapkan Rp1,4 Triliun Untuk Bandara Kertajati
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—Menteri Koordinator Maritim Luhut B Pandjaitan memastikan kerja sama operasi (KSO) pengelolaan Bandara Kertajati antara PT Angkasa Pura II dan PT BIJB sudah hampir tuntas.

Menko Luhut mengatakan rapat teknis mengenai kerja sama BUMN dan BUMD milik Pemprov Jawa Barat tersebut sudah hampir tuntas. Menurutnya sejumlah kesepakatan yang sempat mengganjal dicarikan jalan tengah oleh pihaknya.

“KSO saya kira sudah ,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (16/1).

Menurutnya rentang waktu pemakaian BUBU 20 tahun masih menjadi pembahasan intensif karena pihak PT BIJB masih belum sepakat karena rentang waktu yang dinilai sangat lama. “Masih ada pembicaraan mengenai pemakaian BUBU 20 tahun,” ujarnya.

Dia memastikan jika satu persoalan ini tuntas maka PT AP II akan langsung menggelontorkan dana yang salah satunya dipakai membangun perpanjangan runway Kertajati. “Maka AP II akan menggelontorkan duit mereka ke situ kira-kira Rp1,4 triliun,” ujarnya.

Uang sebesar ini akan menggantikan kewajiban APBN membiayai perpanjangan runway hingga 3000 meter dan menuntaskan beberapa kewajiban AP II dalam perjanjian kerjasama tersebut. Luhut mengaku APBN tidak mungkin dipaksakan lagi membiayai sisi udara mengingat alokasinya sudah terbagi-bagi. “Nggak mungkin lagi APBN masuk,” katanya.

Meski dari segi waktu sudah terbilang sempit, Luhut menyakini perpanjangan runway Bandara Kertajati bisa memenuhi tenggat waktu operasi pada Juni 2018 mendatang. Hal ini juga dibarengi dengan sudah hampir 90% pembangunan terminal utama selesai. “ harus bisa selesai Juni, bisa,” tuturnya.

Luhut juga membuka kemungkinan jika KSO sudah terwujud untuk pembangunan dan pengembangan Kertajati ke depan memakai pendanaan dari luar negeri.

Apps Bisnis.com available on: