Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 November 2018

Kawasan Aerocity Kertajati Itu Daging, Bandara Tulangnya

Wisnu Wage Selasa, 16/01/2018 08:50 WIB
Kawasan Aerocity Kertajati Itu Daging, Bandara Tulangnya
Virda Dimas

Bisnis.com,BANDUNG--PT BIJB AD optimis kerjasama dengan PT Wijaya Karya di Aerocity Kertajati melahirkan potensi bisnis besar.

Komisaris PT BIJB AD Virda Dimas mengatakan kerjasama ini nantinya akan dimatangkan guna membangun klaster logistik hub yang dirancang pihaknya seluas 429 hektar. Menurutnya kedua belah pihak akan membebaskan 50 hektar lahan sebagai tahap awal.
 
“Rencananya tahun ini juga, tak jauh dari pengoperasian bandara,” katanya di Bandung, Selasa (16/1/2018).

Menurutnya pembebasan lahan tersebut diserahkan pihaknya pada pembicaraan dan pembahasan lebih lanjut dua perusahaan tersebut. Namun belajar dari kerjasama dengan PP Property, BUMN karya tersebut membebaskan sendiri 130 hektar lahan untuk kepentingan klaster bisnis.

“Ini sesuai permintaan Menko Maritim, Kertajati jadi pusat logistik,” tuturnya.

Virda memaparkan kerjasama BIJB AD dan Wika kemungkinan akan mewujudkan layanan veresible cargo atau layanan kargo untuk barang-barang ekspor impor seperti obat-obatan hingga makanan. Rencana ini dinilai bisa meraih banyak potensi pasar mengingat Singapura saja tidak memiliki pusat logistik bandara.

“Jadi dengan adanya logistik park yang terhubung bandara bisa menjadi logistik hub,” ujarnya.

Pihaknya sendiri masih menawarkan banyak kesempatan pada BUMN maupun swasta untuk menggarap aerocity seluas 3500 hektar. Dia merinci untuk energy center dirancang 126 hektar, creative technology center 544 hektar, business park 1 & 2 seluas 672 hektar, lalu aerospace park 335 hektar hingga residential.

“Kita tawarkan ke semuanya, opsi kerjasamanya banyak. Ada peminat dari BUMN juga. Kalau bandara itu tulang, kawasan aerocity ini ibarat dagingnya,” paparnya.