Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 24 Februari 2018

10 Alasan Mengapa Anda Harus Rutin Bersepeda

Ilham Budhiman Senin, 15/01/2018 09:17 WIB
10 Alasan Mengapa Anda Harus Rutin Bersepeda
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Tubuh manusia membutuhkan aktivitas fisik agar berfungsi normal untuk mencapai kesehatan jangka panjang yang baik. Agar tetap bugar dan sehat, tubuh perlu secara fisik aktif melalui berbagai bentuk latihan.

Salah satu latihan termudah adalah bersepeda, yang merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan gaya hidup.

Bersepeda adalah latihan sehat dan berdampak rendah yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala umur. Bersepeda dapat membantu Anda melindungi diri dari penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit jiwa, diabetes dan artritis.

Bersepeda juga digunakan sebagai moda transportasi di banyak negara. Dari mengencangkan otot untuk mencegah penyakit kardiovaskular, mari kita lihat 10 alasan dan manfaat kesehatan dari bersepeda secara rutin seperti dilansir Boldsky:

1. Memperkuat otot

Bersepeda secara teratur melibatkan banyak mengayuh, yang memperkuat otot kaki dan juga sendi pinggul dan lutut. Bersepeda juga memperkuat otot lengan dan pada umumnya memperbaiki fungsi otot tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Saat Anda bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari tingkat normal, yang meningkatkan kesehatan jantung. Itu karena pompa darah lebih cepat yang memperbaiki kondisi jantung Anda.

Orang yang bersepeda setiap hari untuk bekerja atau ke tempat lain cenderung tidak mengalami tekanan darah tinggi.

3. Membangun kekuatan tubuh

Bersepeda dapat meningkatkan stamina tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Latihan bersepeda memberi manfaat bagi tubuh dengan meningkatkan tingkat energi. Jika tingkat energi Anda lebih tinggi, Anda tidak akan merasa lelah.

4. Mengurangi stres

Bersepeda membantu dalam memerangi stres, depresi dan kecemasan; dan jika dilakukan secara teratur, bisa mengobati berbagai kondisi kesehatan mental. Ini karena mengendarai sepeda adalah hal yang menyenangkan yang membawa efek positif pada tubuh.

5. mengurangi berat badan

Bersepeda adalah cara yang baik untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan dari tubuh.

Ini melatih otot paha dan bokong dan juga meningkatkan tingkat metabolisme Anda, sehingga mengurangi lemak perut Anda. Satu jam bersepeda yang kencang bisa membakar sejumlah besar kalori.

6. Menjaga diabetes

Diabetes meningkatkan risiko serangan jantung, stoke dan kadar gula darah. Bersepeda setiap hari akan membantu menurunkan risiko diabetes dan ini adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah terkendali.

Bersepeda setiap hari selama lebih dari 30 menit akan menurunkan risiko diabetes hingga hampir 40 persen.

7. Menurunkan risiko kanker

Kurangnya olahraga bersepeda bisa menyebabkan kanker usus besar dan payudara. Orang yang mengikuti gaya hidup seperti bersepeda dan berlari, diketahui memiliki risiko kanker lebih rendah.

8. Meningkatkan mobilitas

Bersepeda adalah bentuk latihan yang ideal untuk orang yang menderita osteoartritis. Ini adalah salah satu latihan terbaik untuk mencegah atau mengurangi radang sendi karena persendian di kaki diberi tekanan lebih rendah.

Bersepeda juga dikenal bisa meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh.

9. Meningkatkan gerakan usus

Bersepeda adalah semacam latihan aerobik yang mempercepat pernapasan dan detak jantung Anda, yang membantu merangsang kontraksi otot usus. Ini akan mencegah Anda merasa kembung dan akan membantu melindungi Anda dari kanker usus.

10. Meningkatkan daya otak

Bersepeda membantu membangun sel otak baru di hippocampus yaitu daerah yang bertanggung jawab atas ingatan. Ini meningkatkan aliran oksigen dan darah ke sel otak, yang membakar dan meregenerasi reseptor dan bahkan dapat mengatasi penyakit Alzheimer.

Apps Bisnis.com available on: