Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 22 April 2018

Eks Karyawan Pabrik Gula Sindanglaut Geruduk Kantor PT PG Rajawali II

Maman Abdurahman Jum'at, 12/01/2018 17:55 WIB
Eks Karyawan Pabrik Gula Sindanglaut Geruduk Kantor PT PG Rajawali II

Bisnis.com, CIREBON—Puluhan eks karyawan Pabrik Gula (PG) Sindanglaut, Kabupaten Cirebon Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor PT. PG Rajawali II yang terletak di Jalan Dr. Wahidin Kota Cirebon pada Jumat 12 Januari 2018.

Kedatangan massa untuk memprotes kebijakan perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan pola putus kontrak dengan alasan karena kondisi perusahaan dalam kurang baik.

Salah satu massa unjuk rasa, Dwi mengatakan pemberlakukan kerja kontrak di PG Sindanglaut sangat merugikan pekerja dan para buruh yang telah lama mengabdi di perusahaan tersebut.

“Kebijakan perusahaan merugikan pekerja, jika tuntutan aksi ini tak dipenuhi, kami ambil jalur hukum,” katanya.

Selain sistem kontrak, massa juga memprotes tidak adanya jaminan sosial bagi pekerja dan buruh di PG Sindanglaut, selain itu massa meminta Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cirebon melakukan pemeriksaan terhadap PG Sindanglaut.

“Kami menutut perusahaan agar memberikan hak pekerja sesuai Undang-undang No. 13 Tahun 2017 tentang Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Massa aksi yang mulai emosi melakukan teatrikal pembakaran ban bekas di depan Kantor PG Rajawali II, mereka meminta ditemui oleh direktur dan sempat beberapa kali menolak ketika hendak ditemui kepala bidang PG Rajawali II. (k3)

Apps Bisnis.com available on: