Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 19 September 2018

Tahun Politik, Wisatawan Ke Bandung Optimistis Naik

Ilham Budhiman Jum'at, 12/01/2018 14:31 WIB
Tahun Politik, Wisatawan ke Bandung Optimistis Naik
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Kota Bandung pada tahun ini sedang memasuki tahun politik untuk mencari pemimpin baru periode 2018-2023 di Pilkada Serentak 2018.

Dalam hiruk pikuk Pilwalkot Bandung 2018 itu, diharapkan bisa berjalan aman dan kondusif sehingga tidak menganggu kinerja sektor pariwisata Kota Bandung yang pada tahun ini menargetkan angka kunjungan 7,5 juta wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, meski Kota Bandung tengah dalam hajatan politik, namun agenda pariwisata di Kota Bandung tetap berjalan seperti biasa.

"Kalau politik itu tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepariwisataan, kebudayaan dan ekonomi kreatif. Semua kegiatan tetap berlangsung," kata Kenny, Jum'at (12/1).

Menurut Kenny, pihaknya tetap menyelenggarakan pelbagai agenda kegiatan pariwisata di tahun ini meski beriringan dengan Pilwalkot Bandung 2018.

"Disbudpar Kota Bandung tetap menyelenggarakan berbagai kegiatan terutama promosi kebudayaan dan ekonomi kreatif untuk menunjang pariwisata Kota Bandung," ujarnya.

Kenny menyebut Kota Bandung termasuk kota dengan agenda pariwisata yang padat. Daya tarik wisatanya pun, kata dia, tergolong lengkap. "Mulai dari budaya Sunda, kuliner unik, tujuan belanja yang menarik, hingga suasana kota yang inspiratif," ujarnya.

Hal itulah, lanjut Kenny, yang membuat indeks pariwisata Kota Bandung tergolong yang tertinggi di Indonesia. Dia memberi contoh berdasarkan penilaian Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group.

"Indeks pariwisata Kota Bandung mencapai 95,30. Angka itu memposisikan Kota Bandung di atas Denpasar 87,65 dan Yogyakarta 85,68," ucap dia.

Kenny juga berujar, selama hajatan politik Pilwalkot Bandung 2018 bisa berjalan aman dan kondusif, maka target kunjungan 7,5 juta wisatawan pada tahun ini pun tidak menutup kemungkinan bisa tercapai.

Bahkan, dia optimistis jika angka kunjungan wisatawan ke Bandung akan naik seiring dengan target yang ditentukan pihaknya yaitu naik sekitar 10% dari tahun lalu.

"Sehingga angka itu bisa melampaui angka kunjungan tahun 2017 yang mencapai 6,9 juta wisatawan," katanya.