Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 22 Oktober 2018

Ini Dia 10 Manfaat Serabut Jagung, Jangan Dibuang!

Ilham Budhiman Jum'at, 12/01/2018 09:43 WIB
Ini Dia 10 Manfaat Serabut Jagung, Jangan Dibuang!
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Apakah Anda sering membuang serabut jagung saat Anda membelinya? Berhenti lakukan itu! Karena, ternyata serabut jagung memiliki banyak manfaat.

Dilansir Boldsky, serabut yang biasanya disebut sutra jagung mengandung banyak manfaat kesehatan. Serabut jagung diketahui mengandung stigmasterol dan sitosterol.

stigmasterol dan sitosterol mampu dan efektif mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Sutra jagung juga mengandung asam tumbuhan yang membantu memperbaiki kondisi oral dan kulit.

Selain itu, sutra jagung juga mampu mengatur kadar glukosa dalam tubuh Anda, mengobati infeksi kandung kemih, pembengkakan sistem saluran kemih, batu ginjal, diabetes, gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi, dan kelelahan.

Cara pemanfaatannya, bisa menggunakan sutra jagung yang segar atau kering yang diolah menjadi teh. Rebus air dan masukan sutra jagung ke dalamnya. Tunggu beberapa menit hingga mendidih dan kecoklatan.

Apabila sudah berubah warna, tuangkan ke dalam cangkir. Tambahkan perasan lemon untuk menambah rasa.

Sementara untuk lebih jelas terkait manfaat sutra jagung, berikut ini 10 manfaatnya:

1. Mengurangi gula darah

Sutra jagung sangat bagus untuk orang dengan tekanan darah tinggi dan membantu mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan kadar insulin di tubuh.

Ini juga merupakan pengobatan alami yang sangat baik untuk diabetes, gagal jantung kongestif dan kolesterol tinggi, dan semacamnya.

2. Mengandung vitamin C

Sutra jagung memiliki banyak vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Sutra jagung merangsang sirkulasi darah yang penting untuk fungsi optimal semua organ vital tubuh.

3. Mengurangi asam urat

Asam urat adalah radang sendi yang berkembang pada beberapa orang yang memiliki kadar asam urat dalam darah tinggi, yang menyebabkan nyeri sendi berat.

Sutra jagung dikenal bisa mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Anda bisa minum teh jagung dua kali sehari untuk mengurangi rasa sakit.

4. Membantu masalah ginjal

Teh yang terbuat dari sutra jagung adalah obat rumah yang digunakan untuk mengobati masalah ginjal. Hal ini efektif dalam mengobati kondisi yang berhubungan dengan ginjal, termasuk infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, pembengkakan sistem saluran kencing, batu ginjal, dan semacamnya.

5. Meningkatkan pencernaan

Sutra jagung membantu dalam meningkatkan pencernaan dan mengobati masalah pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa sutra jagung dapat merangsang sekresi empedu oleh hati.

6. Mengontrol pendarahan

Pendarahan sarat dengan vitamin K dan vitamin ini penting untuk mengendalikan perdarahan, terutama pada kasus wanita yang sedang hamil. Anda bisa minum teh sutera jagung untuk mengurangi pendarahan yang disebabkan luka.

7. Meredakan sakit kepala

Sutra jagung mengandung sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membantu mengurangi sakit kepala kronis. Minum teh sutera jagung akan menenangkan Anda dengan menghilangkan stres, ketegangan, memperbaiki sirkulasi, serta mengurangi kekakuan di bahu, leher dan rahang Anda.

8. Menyediakan nutrisi

Sutra jagung adalah sumber beta-karoten, riboflavin, mentol, timol, selenium, dan niasin di antara nutrisi penting lainnya. Nutrisi ini tidak tersedia di semua makanan nabati, yang membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

9. Menurunkan berat badan

Sutra jagung rendah kalori yang membuatnya mudah membantu menurunkan berat badan. Minum teh sutra jagung akan memperpanjang perasaan kenyang, memperbaiki metabolisme tubuh, dan mengendalikan peradangan.

10. Mengobati bisul dan ruam

Sutra juga jagung digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti ruam dan bisul, serta membantu menghilangkan rasa gatal dan sakit yang disebabkan gigitan serangga ataupun goresan.

Sutra jagung mengandung sifat antibakteri dan antiseptik yang membantu dalam mencegah infeksi.