Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 20 Juli 2018

Buntut Video Bunuh Diri, Youtube Putus Kerja Sama Dengan Vlogger Logan Paul

Newswire Kamis, 11/01/2018 14:18 WIB
Buntut Video Bunuh Diri, Youtube Putus Kerja Sama dengan Vlogger Logan Paul
Logan Paul
The Verge

Bisnis.com, LOS ANGELES - YouTube pada Rabu menyampaikan bahwa pihaknya menghapus vlogger Amerika Serikat Logan Paul yang populer dari platform Google Preferred dan menunda rencana proyek-proyek masa depan dengan dia.

Keputusan itu dibuat setelah Paul mengunggah sebuah tayangan yang menampilkan korban bunuh diri di Jepang melalui Youtube.

"Mengingat kejadian baru-baru ini, kami telah memutuskan untuk menghapus saluran Logan Paul dari Google Preferred. Selain itu, kami tidak akan menampilkan Logan di season 4 `Foursome` dan Originals barunya ditahan," YouTube Alphabet Inc menyampaikan dalam sebuah pernyataan.

Google Preferred menampilkan konten terpopuler YouTube dalam paket yang dijual kepada pengiklan. Paul, 22, adalah salah satu pencipta konten top di YouTube, yang secara teratur menarik jutaan penayangan dari khalayak yang terutama berorientasi pada pemuda.

Paul juga memiliki proyek dalam layanan premium YouTube, YouTube Red, dan muncul di rangkaian web platform "Foursome".

Perwakilan untuk Paul tidak segera menjawab permintaan dari Reuters untuk memberikan komentar terkait hal tersebut.

Paul meminta maaf dalam sebuah video YouTube berjudul "So Sorry" minggu lalu karena mengunggah rekaman gambar yang menunjukkan ia bersama teman-temannya menertawakan jasad seseorang yang bunuh diri di sebuah pohon di "hutan bunuh diri" Jepang.

Paul mengatakan bahwa dirinya telah membuat "kesalahan besar" dan merasa malu dengan dirinya sendiri, dan segera menghapus videonya usai menyebabkan kecaman di media sosial.

YouTube dalam sebuah surat terbuka pada Selasa mengatakan bahwa pihaknya "kecewa dengan video yang dibagikan minggu lalu," mengatakan bahwa "bunuh diri bukanlah lelucon, dan juga tidak seharusnya menjadi penarik untuk menonton konten tersebut."

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa video Paul melanggar pedomannya dan mempertimbangkan konsekuensi lebih lanjut.

Paul yang belum mengunggah video apapun dalam sepekan terakhir, mengatakan bahwa ia "meluangkan waktu untuk bercermin."

Saluran Paul, Logan Paul Vlogs, yang memiliki lebih dari 15 juta pelanggan, masih aktif di YouTube dan pengiklan masih dapat memilih untuk beriklan di videonya, atau mereka dapat memilih untuk tidak ikut serta.