Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 20 November 2018

PILWALKOT CIREBON 2018: Salah Nama, Rekomendasi Pendaftaran Petahana Disoal

Maman Abdurahman Rabu, 10/01/2018 18:40 WIB
PILWALKOT CIREBON 2018: Salah Nama, Rekomendasi Pendaftaran Petahana Disoal
Bakal Calon Wali Kota Cirebon Petahana Nashrudin Azis menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Cirebon

Bisnis.com, CIREBON—Rekomendasi dari partai pengusung milik bakal calon Wali Kota Cirebon yang berasal dari petahana, Nasrudin Azis disoal tim verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon.

Pasalnya nama yang tertulis dalam surat rekomendasi Partai Demokrat dan Partai Nasdem adalah Nasrudin Azis, padahal nama dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan dokumen kependudukan lainnya adalah Nashrudin Azis.

Tim verifikasi dan Panwaslu Kota Cirebon yang ikut memeriksa kelengkapan berkas pencalonan dan pendaftaran bakal calon Nasrudin Azis-Eti Herawati menyoal perbedaan penulisan nama calon petahana tersebut.

Akhirnya tim verifikasi dari KPU Kota Cirebon dan Panwaslu Kota Cirebon berkoordinasi dengan pengurus KPU Jabar dan KPU RI dengan hasil keputusan memberikan toleransi terhadap kesalahan nama di surat rekomendasi dengan catatan ditambahkan huruf dan dibubuhkan tanda tangan masing-masing ketua partai pengusung.

Azis-Eti yang mendeklarasikan sebagai pasangan PASTI pada Pemilihan Wali Kota Cirebon (Pilwalkot) Cirebon 2018 diusung oleh Partai Demokrat, Nasem, PKB, Hanura dan PKPI. Keduanya mendaftar pada Rabu 10 Januari 2018 pukul 15.00 WIB.

Setelah keluar keputusan dari tim verifikasi dan Panwaslu Kota Cirebon untuk toleransi kesalahan nama, berkas pendaftaran pasangan PASTI dinyatakan lengkap oleh KPU Kota Cirebon.

Kesalahan nama Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis yang seharusnya Nashrudin Azis mengagetkan banyak pihak, pasalnya selama ini dalam dokumen resmi Pemerintah Kota Cirebon yang tertulis adalah Nasrudin Azis. (k3)