Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 21 Mei 2018

Diprotes, Pemkot Cirebon Siap Mengganti Pohon Yang Ditebang

Maman Abdurahman Rabu, 10/01/2018 16:10 WIB
Diprotes, Pemkot Cirebon Siap Mengganti Pohon yang Ditebang
Ilustrasi

Bisnis.com, CIREBON—Pemerintah Kota Cirebon Jawa Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) siap mengganti pohon yang sudah ditebang di sekitar Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon menyusul adanya protes setelah dilakukan penebangan pohon untuk pelebaran jalan.

Peningkatan Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon dilakukan karena jalur tersebut merupakan jalur terpadat karena banyaknya aktivitas perekonomian, yang menyebabkan jumlah kendaraan yang melintas dan kapasitas jalan tidak seimbang.

“Konsekuensi peningkatan kapasitas Jalan Cipto Mangunkusumo adalah penebangan pohon, tapi kami akan mengganti dengan pohon baru,” kata Sekretaris Dinas DPUPR Kota Cirebon, Yudi Wahono, Rabu (10/01/2018).

Meski demikian, kata Yudi untuk lokasi penanaman pohon baru masih belum ditentukan karena masih ada beberapa pilihan yaitu pohon baru ditanam di lokasi sama atau mencari ruas jalan di lokasi yang baru.

“Jenis pohon yang akan ditanam juga belum dipastikan apakah jenis pohon yang sama atau pohon berbeda,” ujarnya.

Yudi mengungkapkan hal yang menjadi pertimbangan untuk penanaman pohon di lokasi yang sama yaitu jarak trotoar jalan akan semakin dekat dengan bangunan milik masyarakat karena adanya pelebaran jalan.

“Berdasarkan aturan untuk penanaman pohon di tepi jalan perlu dipertimbangkan aspek jarak pohon dengan bangunan dan saluran air,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: