Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 26 April 2018

Ingat! Jangan Simpan 11 Makanan Ini Di Kulkas

Ilham Budhiman Senin, 08/01/2018 09:10 WIB
Ingat! Jangan Simpan 11 Makanan Ini di Kulkas
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Ternyata tak selamanya menyimpan makanan tertentu di dalam kulkas akan berdampak baik. Menyimpan makanan di dalam kulkas memang menjadi kebiasaan agar makanan tahan lama atau awet.

Namun, di sisi lain hal tersebut ternyata bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Saat disimpan dalam kulkas, ada beberapa makanan yang sebenarnya mengubah rasa.

Kulkas memang menjadi tempat yang nyaman untuk menyimpan dan menjaga kualitas makanan. Tapi, menyimpan beberapa makanan di kulkas juga bisa mengurangi jumlah antioksidan dari makanan tersebut.

Dan berikut adalah 11 makanan yang sangat dilarang untuk disimpan di dalam kulkas seperti dilansir Boldsky.

1. Roti

Menyimpan roti di kulkas bisa membuatnya kering lebih cepat. Roti sebaiknya disimpan pada suhu kamar. Roti juga harus dimakan dalam beberapa hari saja, karena bisa bertumbuh jamur jika terlalu lama.

2. Basil

Jika basil disimpan di suhu dingin bisa membuatnya berubah hitam dengan cepat. Lalu, ketika dimasak bisa berubah menjadi racun. Sebagai gantinya, simpan di tempat teduh atau letakkan di dalam kantong plastik.

3. Buah-buahan

Buah seperti alpukat, apel, pisang, buah sitrus, buah beri, persik dan aprikot tidak boleh disimpan di kulkas. Sebab, bisa menyebabkan hilangnya rasa dan teksturnya. Namun boleh saja disimpan di dalam kulkas 30 menit sebelum dimakan agar lebih garing saat digigit.

4. Bawang

Cara terbaik menyimpan bawang bombai atau merah adalah di dalam kantong kertas, di tempat yang sejuk dan gelap. Jauhkan dari kentang, karena kentang melepaskan kelembaban dan gas yang bisa menyebabkan bawang membusuk. Jika menyimpan bawang di lemari es, juga bisa membuat bawang lembab.

5. Kentang

Kentang saat disimpan dalam suhu dingin bisa mengubah pati kentang menjadi gula, yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Simpan kentang dalam kantong kertas di dapur yang sejuk.

6. Tomat

Tomat juga bisa mengubah rasa dan membuat tomat lembek saat disimpan di dalam kulkas. Sehingga kualitas nutrisinya juga bisa lebih menurun.

7. Minyak

Minyak goreng jauh lebih aman dan sehat jika disimpan pada suhu kamar.

8. Acar

Acar tak baik bagi pencernaan jika disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya taruh di tempat terbuka, sehingga ada sirkulasi udara yang bagus di sekitarnya.

9. Semangka

Semangka harus disimpan di luar lemari es. Jika tidak, maka bisa merusak tekstur. Untuk menjaga rasanya, maka semangka perlu disimpan pada suhu kamar.

10. Bawang putih

Menyimpannya dalam kulkas bisa mengurangi rasa bawang putih dan mempengaruhi umurnya. Lingkungan kelembaban yang sejuk sebenarnya bisa menyebabkan jamur berkembang, yang mungkin tidak baik untuk kesehatan Anda.

11. Kopi

Jika menyimpan kopi di kulkas, maka rasanya bisa rusak. Justru menyebabkan aroma bau kopi pada kulkas dan beberapa makanan lainnya. Simpan kopi di tempat yang sejuk dan gelap untuk mempertahankan rasa dan kesegarannya.

Apps Bisnis.com available on: