Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 22 Januari 2018

Soleh Solihun Tak Kecil Hati Film Pertamanya Tak Laku

Ilman Sudarwan Jum'at, 05/01/2018 16:23 WIB
Soleh Solihun Tak Kecil Hati Film Pertamanya Tak Laku
Soleh Solihun
Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Komika yang sekarang menjadi sutradara Soleh Solihun mengaku tak berkecil hati dengan perolehan jumlah penonton film pertamanya "Mau Jadi Apa?". Soleh mengaku mendapatkan kepuasan lain yang lebih berharga dibanding jumlah penonton.

"Secara angka memang tidak memuaskan, tetapi buat saya ada hal yang lebih berharga dari film ini," katanya kepada Bisnis, Kamis (4/1/2018).

Soleh mengaku film pertamanya ternyata membuat salah seorang teman kuliahnya yang hilang ingatan kembali bisa mengingat masa mudanya. Termasuk masa-masa yang pernah dilewatinya bersama Soleh di kampus Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Seorang teman kuliahnnya, menderita tumor otak pada tahun 2000-an. Ketika tumor tersebut diangkat, temannya harus kehilangan banyak ingatan tentang masa kuliahnya.

"Ini tentang teman saya di kampus dulu, sama-sama satu angkatan 1997," katanya.

Ketika mengetahui Soleh membuat film tentang kehidupan kampusnya dulu, kawan tersebut langsung menontonnya sendiri.

Hasilnya sungguh tak dikira, setelah menonton film Mau Jadi Apa? temannya ini bisa kembali mengingat semua masa-masa kuliahnya. Diapun langsung menanyakan kepada Soleh tentang ingatannya itu.

"Dia langsung bertanya kepada saya mana yang asli dan yang tidak, karena ada bagian yang juga didramatisasi dalam film ini kan. Dia ingat semua, dari main kartu, nongkrong bareng, dan lain-lain," katanya.

Menurutnya, pengalaman itu membuatnya terus optimis untuk meniti karier di dunia perfilman. Baginya, kisah ini menunjukkan bahwa dari membuat film dia mendapatkan pengalaman yang bisa dibilang tak ternilai harganya.

Saat ini Soleh tengah menggarap film keduanya yang berjudul Reuni Z. Proses produksinya sudah sampai tahap penyuntingan gambar. Rencananya film ini akan tayang pada April 2018.

Apps Bisnis.com available on: