Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 26 April 2018

11 Makanan Yang Ampuh Untuk Melawan Rasa Lelah Pada Tubuh

Ilham Budhiman Jum'at, 05/01/2018 08:50 WIB
11 Makanan yang Ampuh untuk Melawan Rasa Lelah pada Tubuh
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Setelah melakukan aktivitas seharian yang menyebabkan rasa lelah, maka tubuh harus kembali diisi dengan energi yang cukup baik dari segi makanan ataupun multivitamin.

Dilansir Boldsky, selain karena aktivitas yang terlalu berat setiap harinya, faktor lain yang bisa mengakibatkan kelelahan juga terpengaruh oleh gaya hidup, masalah psikologis dan kondisi medis.

Rasa lelah yang menyerang tubuh tersebut sebenarnya bisa dilawan dengan istirahat yang cukup setelah beraktivitas seharian. Namun, karena gaya hidup seperti begadang dan tidak menjaga konsumsi sehat, maka tubuh akan terus menerus dilanda rasa lelah.

Selain itu, salah satu yang harus dilakukan untuk meredakan rasa lelah tersebut adalah mengonsumsi makanan-makanan sehat. Berikut 11 makanan ampuh yang bisa memulihkan tubuh dari rasa lelah.

1. Benih Chia

Benih Chia diketahui bisa meningkatkan performa dan daya tahan tubuh. Ini adalah makanan dengan protein 2,5 gram dan serat 5 gram. Benih Chia terdiri dari asam lemak omega-3 yang melawan peradangan agar otot tetap segar dan kuat.

2. Telur

Telur merupakan sumber energi yang baik. Telur sarat dengan protein, zat besi dan seng yang membantu membangun otot, membuat kenyang dan menyuplai tingkat energi yang berkelanjutan.

Telur juga mengandung vitamin B tinggi yang diketahui membantu produksi energi di dalam tubuh.

3. Pisang

Pisang mengandung potasium, yang diubah tubuh menjadi energi yang akhirnya digunakan oleh tubuh. Buah ini juga mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa, yang penting untuk menyediakan energi.

4. Ubi

Ubi jalar terdiri dari banyak energi yang menstabilkan karbohidrat serat tinggi serta 25 persen kebutuhan harian Anda. Ubi jalar memiliki potasium yang membantu menurunkan stres sehingga menghasilkan lebih banyak energi. Ini memang makanan penguat energi yang hebat!

5. Teh Hijau

Secangkir teh hijau membantu dalam mengatasi kelelahan, terutama stres yang berhubungan dengan pekerjaan. Polifenol dalam teh hijau mengurangi tingkat stres dan memperbaiki fokus mental, sehingga meningkatkan tingkat energi. Hal ini juga dikenal untuk meningkatkan metabolisme dan dapat melindungi Anda dari banyak komplikasi karena lelah.

6. Bayam

Bayam terdiri dari zat besi, yang mengantarkan lebih banyak oksigen ke sel-sel tubuh. Hal ini juga penuh dengan potassium, magnesium, vitamin B dan C, bila dikombinasikan bersamaan, ini menghasilkan pukulan energi yang kuat.

7. Biji Labu

Jika Anda ingin meningkatkan tingkat energi Anda, konsumsilah biji labu. Biji labu penuh dengan asam lemak omega-3, seng, zat besi dan vitamin serta mineral lainnya yang membantu melawan rasa lelah.

Selain itu biji labu bisa melawan rasa emosional karena triptofan tingkat tinggi mereka.

8. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang sempurna ketika harus melawan kelelahan. Ini terdiri dari karbohidrat yang disimpan tubuh untuk memberi bahan bakar bagi otot dan otak.

9. Yogurt

Yogurt mengandung karbohidrat, protein dan probiotik yang bisa melawan rasa lelah. Ini mengandung senyawa aktif yang disebut probiotik, yang dapat meredakan gejala sindrom kelelahan kronis. Konsumsilah yogurt untuk mendapatkan manfaat maksimal.

10. Quinoa

Quinoa memiliki semua protein, serat dan zat besi, yang merupakan makanan sempurna. Ini memiliki sejumlah kecil asam lemak omega-3 dan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi. Quinoa juga memiliki semua sembilan asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

11. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan terbaik untuk mengalahkan rasa lelah dan melawan rasa lapar. Berbagai macam kacang-kacangan bisa memberi nutrisi dan energi yang sehat. Sekedar rekomendasi, cobalah kacang brazil, kacang almond, kenari, kacang mete dan hazelnut.

Apps Bisnis.com available on: