Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 15 November 2018

Tenaga Keamanan Bandara Kertajati Wajib Kantongi Sertifikat

Wisnu Wage Rabu, 03/01/2018 17:40 WIB
Tenaga Keamanan Bandara Kertajati Wajib Kantongi Sertifikat

Bisnis.com,BANDUNG--PT BIJB memastikan tenaga pengamanan di Bandara Kertajati sudah terlatih dan wajib mengantongi sertifikat.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan diklat yang pihaknya selenggarakan dimaksudkan agar SDM yang bekerja di Bandara Kertajati mampu menjadi petugas bandara yang ahli dan terampil serta memiliki lisensi khusus.

"Hal tersebut juga sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan bahwa seluruh petugas bandara harus dibekali sertifikat sesuai standar keamanan penerbangan," kata Virda, Rabu (3/1/2018).

Apalagi Avsec ini merupakan petugas terdepan, yang pekerjaannya menjaga keamanan bagi penumpang pesawat sebelum melakukan penerbangan. Kebutuhannya pun mendesak, mengingat Presiden RI Joko Widodo menargetkan Bandara Kertajati bisa beroprasi pada tahun 2018.

Virda mengungkapkan posisi Avsec sendiri merupakan yang paling diburu. Saat dibuka peminatnya membludak hingga 6.000-an orang untuk tahap satu perekrutan ini.

"Jumlah itu kembali mengerucut menjadi 42 orang yang lolos verifikasi. Kemudian kita didik untuk diberdayakan menjadi seorang Avsec yang profesional, " ungkapnya.

Seluruh peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan Direktorat Keamanan Perhubungan (Dirkampen) yang bernaung dibawah Kementrian Perhubungan.

"Sertifikat itulah yang nantinya akan menjadi bekal untuk bisa menjadi petugas keamanan bandara khususnya di Bandara Kertajati," Ucap Virda.