Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 22 November 2018

Malam Tahun Baru: Pemkot Bandung Siagakan 1.200 Petugas Kebersihan

Ilham Budhiman Minggu, 31/12/2017 12:35 WIB
Malam Tahun Baru: Pemkot Bandung Siagakan 1.200 Petugas Kebersihan
Pesta kembang api di Bandung (bisnis/jabar)

Bisnis.com, BANDUNG - Menyambut pergantian tahun baru 2018, segala persiapan telah dikerahkan Pemerintah Kota Bandung termasuk dalam hal menjaga ketertiban dan kebersihan.

Pemerintah Kota Bandung melalui PD Kebersihan Kota Bandung setidaknya mengerahkan 1.200 personel kebersihan dalam rangka menyambut pergantian malam tahun baru 2018 tersebut.

"Hari ini, untuk malam ini kita kerahkan 1.200 petugas, tidak ada libur, mereka akan turun ke lapangan untuk menjaga kebersihan Kota Bandung," kata Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana, Minggu (31/12).

Deni menjelaskan, untuk tahun ini pihaknya akan fokus di delapan titik keramaian yang bisa memicu penumpukan sampah yang berlebihan.

Delapan titik tersebut di antaranya Jalan Asia-Afrika, Masjid Raya Alun-alun Bandung, Jalan Otista, kawasan Gasibu, Jalan Riau, Alun-alun Ujungberung, Teras Cihampelas atau kawasan Cihampelas, dan Alun-alun Cicendo.

"Penumpukan sampah bisa terjadi khususnya yang rawan PKL yang berjualan hingga subuh, terutama di sepanjang Jalan Otista," ucapnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya juga, kata dia, aktivitas warga yang datang ke tempat perayaan malam pergantian tahun baru akan mulai ramai pada pukul 19.00 Wib.  

"Pengumpulan massa sendiri biasanya dimulai pukul 19.00 Wib sampai subuh.  Sehingga kita siapkan 1.200 petugas," katanya.

Di sisi lain, Deni berharap selain jumlah petugas kebersihan yang dikerahkan, para wisatawan atau warga Bandung yang merayakan pergantian malam tahun baru bisa tetap menjaga kebersihan Kota Bandung.

"Sebelumnya kita akan adakan apel besar nanti sore di kantor PD Kebersihan sehingga bisa lebih maksimal," ucapnya.