Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Juli 2018

Pecahkan Rekor Transfer, Liverpool Datangkan Van Dijk

Ihya Ulum Aldin Kamis, 28/12/2017 09:22 WIB
Pecahkan Rekor Transfer, Liverpool Datangkan Van Dijk
Virgil van Dijk
Twitter: Liverpool FC

Bisnis.com, INGGRIS – Bek tengah Southampton, Virgil van Dijk, akan bergabung dengan Liverpool pada jendela transfer yang akan dibuka kembali pada 1 Januari 2018 dengan label bek termahal di dunia dengan biaya £75 juta (Rp1,3 triliun).

Hal ini seperti diumumkan melalui media-media sosial resmi klub Liverpool dengan mengunggah foto Van Dijk yang berdiri di depan pohon natal sambil memegang jersey home Liverpool pada Kamis (28/12) WIB.

Pemain internasional asal Belanda ini sempat santer dikabarkan akan bergabung dengan The Reds pada jendela transfer musim panas lalu setelah dirinya sendiri menyerahkan permintaan transfer.

Namun, hal itu tak terealisasi. Bahkan Liverpool meminta maaf karena melakukan pendekatan secara ilegal kepada pemain berusia 26 tahun ini.

Harga fantastis Van Dijk yang dibayarkan Lliverpool, memecahkan rekor transfer bek termahal di dunia yang sebelumnya dipegang oleh Benjamin Mendy.

Mendy didatangkan oleh Manchester City dari AS Monaco pada 24 Juli 2017 dengan mahar £52 juta (Rp945 juta).

Van Dijk mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia senang dan terhormat bisa bergabung ke klub Merseyside dan mengakui bahwa dirinya mengalami beberapa bulan terakhir yang sulit di St. Mary's, kandang Saouthampton.

"Southampton telah menyetujui biaya yang akan membuat rekor dunia baru untuk bek," kata klub tersebut pada hari Rabu (27/12) waktu setempat.

Meski akan bergabung dengan klub pada 1 Januari, Van Dijk tidak akan bisa mendaftar sebagai pemain hingga 2 Januari. Sehingga tidak bisa menjalani debut bersama Liverpool saat bermain melawan Burnley pada Senin (1/1) waktu setempat.

"Senang dan merasa terhormat telah sepakat untuk menjadi pemain Liverpool FC. Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi saya dan keluarga saya saat saya bergabung dengan salah satu klub terbesar di dunia sepak bola,” ujar Van Dijk seperti dilansir oleh BBC Sport, Kamis (28/12).

"Saya tidak sabar untuk memakai jersey merah yang terkenal untuk pertama kalinya di depan Kop (pendukung Liverpool) dan akan memberikan semua yang saya harus mencoba dan membantu klub hebat ini mencapai sesuatu yang istimewa di tahun-tahun mendatang,” tambahnya.

"Saya juga ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada pelatih, dewan, manajer, pemain, penggemar, dan semua orang di Southampton.

"Saya akan selalu berhutang budi kepada klub karena memberi saya kesempatan untuk bermain di Liga Premier Inggris dan meski mengalami beberapa bulan terakhir yang sulit, saya benar-benar menikmati waktuku di St. Mary’s dan telah berteman seumur hidup dengan klub," tuturnya menambahkan.