Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Tahun Depan, Dahana Gencar Ekspansi Pasar Ekspor

Kahfi Kamis, 28/12/2017 16:07 WIB
Tahun Depan, Dahana Gencar Ekspansi Pasar Ekspor

Bisnis.com, BANDUNG-Pada tahun depan, PT Dahana (Persero) menganggarkan Rp200 miliar untuk melakukan ekspansi pabrik yang merupakan bagian investasi jangka panjang hingga 2021 dengan total nilai mencapai Rp2 triliun.

Ekspansi itu, tegas Direktur Operasi Dahana Bambang Agung, akan meningkatkan kapasitas produksi dan diversifikasi produk Dahana yang bakal memperkuat rantai pasok.

Selain itu, Dahana pada tahun depan berencana melakukan ekspansi pasar di luar negeri. Salah satu kawasan yang dibidik adalah Asia Pasifik.

Sebelumnya, ekspor produk Dahana meliputi negara regional Asia Tenggara plus Australia. Produk seperti detonator non listrik atau nonel dan produk dayagel berhasil merambah pasar luar negeri.

Pada tahun depan, Dahana berencana mengekspor jasa peledakan bagi pasar luar negeri. Sejauh ini, permintaan strategi bisnis yang mengawinkan penjualan produk peledak dan jasa peledakkan telah sukses menggaet banyak mitra di dalam negeri.

“Untuk Asia Pasifik, saingan hanya ada dari Australia,” simpul Agung kepada Bisnis.com beberapa waktu lalu.

Tahun besok, Dahana membidik pertumbuhan pendapatan senilai Rp1,67 triliun pada tahun depan dari realisasi Rp1,4 triliun pada tahun ini.

Sejalan dengan itu, laba bersih perseroan yang mempunyai bisnis utama di industri bahan peledak tersebut ikut terkerek. Hingga akhir tahun ini, Dahana diperkirakan menorehkan laba bersih sebesar Rp100 miliar, sedangkan pada 2018, target dipatok mencapai Rp123 miliar.