Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 26 Mei 2018

Spesies Baru Laba-laba Laut Ini Dinamai Bob Marley

Ilham Budhiman Rabu, 27/12/2017 09:20 WIB
Spesies Baru Laba-laba Laut Ini Dinamai Bob Marley
Spesies baru laba-laba yang dinamai Bob Marley
Daily Mail

Bisnis.com, BRISBANE - Sebuah spesies laba-laba laut baru yang muncul saat air laut surut di pantai Queensland, Australia dinamai legenda musik reggae, Bob Marley. 

Spesies ini pertama kali ditemukan pada bulan Januari 2009 saat laut di sepanjang pantai Queensland surut dan mengungkapkan populasi laba-laba beradaptasi air.

Dilansir Daily Mail, peneliti menggambarkan spesies tersebut sebagai spesies baru dalam dunia ilmiah dan dengan cepat mengasosiasikan kemunculan mereka dengan lagu Bob Marley tahun 1973, "High Tide or Low Tide".

Sebuah studi tentang laba-laba Bob Marley terdaftar secara ilmiah sebagai Desis bobmarleyi, baru-baru ini menerbitkan temuannya di "Journal of Evolutionary Systematics".

Penelitian ini didasarkan pada laba-laba jantan dan betina yang ditemukan dan dikumpulkan dari sebuah karang di malam hari yang muncul pada delapan tahun yang lalu.

Rekan penulis studi Dr Barbara Baehr mengatakan, laba-laba intertidal ini telah menyesuaikan diri dengan kehidupan bawah laut dengan bersembunyi di karang saat air pasang.

“Untuk bernapas, mereka membangun ruang udara. Begitu air laut surut, mereka keluar dan berburu invertebrata kecil yang mengelilingi permukaan batu, karang, dan tanaman di dekatnya,” kata Dr Barbara Baehr.

Dr Baehr, dari Queensland Museum mengatakan bahwa untuk jenis kelamin, laba-laba ini dicirikan oleh warna merah-coklat yang dominan, sementara kaki mereka berwarna coklat oranye dan ditutup dengan lapisan padat struktur rambut panjang, tipis dan abu-abu gelap.

Dr Barbara Baehr mengatakan laba-laba betina tampaknya berukuran lebih besar dengan spesimen yang dipelajari berukuran hampir 9mm, sedangkan jantan berukuran sekitar 6mm.

Dia juga menjelaskan tentang keterkaitan lagu Bob Marley dan laba-laba tersebut. “Lagu 'High Tide or Low Tide' mempromosikan cinta dan persahabatan melalui semua perjuangan hidup,” kata Dr Barbara Baehr.

Apps Bisnis.com available on: