Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 15 November 2018

Pertamina Amankan Pasokan BBM & Elpiji Jelang Natal & Tahun Baru Di Jabar

Wisnu Wage Jum'at, 15/12/2017 16:35 WIB
Pertamina Amankan Pasokan BBM & Elpiji Jelang Natal & Tahun Baru di Jabar
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Menghadapi Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Pertamina memastikan pasokan BBM dan elpiji di wilayah Bandung dan sekitarnya. Sejumlah antisipasi dilakukan agar masyarakat dapat menjalani hari raya dan liburannya dengan nyaman.

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh Pertamina terutama untuk mengantisipasi lokasi wisata yang kerap menjadi tujuan saat liburan.

“Di titik-titik wisata ini, kami menyediakan mobil tanki yang standby sebagai buffer jika stok SPBU mulai berkurang. Sehingga tidak perlu menunggu kiriman dari Terminal BBM (TBBM) yang kemungkinan akan sulit lewat karena padatnya jalanan,” ujar Dian dalam rilis resmi, Jumat (15/12/2017).

Selain menyediakan buffer, Pertamina juga menggeser waktu pengiriman BBM dengan mobil tanki yang biasanya pada siang hari menjadi dini hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari padatnya jalanan karena wisatawan.

Di sisi operasional, Terminal BBM dan Depot LPG juga akan menambah waktu pelayanan menjadi 24 jam sebagai upaya untuk dapat menyalurkan lebih cepat dibanding kondisi yang biasa.

Dian menambahkan, semua upaya tersebut dilakukan untuk antisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Untuk konsumsi BBM gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series), diprediksi naik sekitar 8% untuk wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Kenaikan ini seiring dengan mobilisasi masyarakat yang meningkat selama periode tersebut.

Sedangkan untuk LPG direncanakan untuk penambahan pasokan untuk libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dibandingkan kondisi biasa. Total penambahan tersebut mencapai 453.880 tabung dari penyaluran normal yang mencapai sekitar 294.000 tabung.

“Secara umum Pertamina juga membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang akan mulai bertugas sejak 18 Desember 2017 – 9 Januari 2018. Semua upaya ini kami lakukan untuk memastikan masyarakat nyaman selama memperingati Hari Raya dan Liburannya,” pungkas Dian.