Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 23 Oktober 2018

Tugas Berat Menanti Mario Gomez

Ilham Budhiman Minggu, 10/12/2017 15:15 WIB
Tugas Berat Menanti Mario Gomez
Mario Gomez (baju biru) didampingi asistennya Fernado Soler

Bisnis.com, BANDUNG - Pelatih anyar Persib, Roberto Carlos Mario Gomez secara resmi diperkenalkan manajemen Persib kepada Bobotoh di Stadion Sidolig, Kota Bandung pada Minggu (10/12). Perkenalan Gomez bersamaan dengan acara sosial donor darah dan khitanan massal yang bertajuk Persib peduli.

Selama di Persib, pelatih asal Argentina itu akan didampingi asistennya Fernando Soler. Tugas berat pun sudah menanti Mario Gomez untuk mengembalikan prestasi Maung Bandung di kancah persepakbolaan Indonesia. “Ayo kita bantu bangun Persib,” kata Gomez seraya mengepalkan tangannya dan disambut antusias para Bobotoh.

Gomez yang sama sekali belum pernah melatih klub Indonesia diharapkan membawa kejayaan tim kebanggaan Jawa Barat tersebut. Apalagi, Persib pada musim ini seolah kehilangan daya magisnya dan hanya bercokol di posisi ke-13 akhir klasemen.

Pelatih yang sempat menjadi asisten pelatih Hector Cuper itu akan dikontrak selama dua musim. Di musim pertamanya, dia akan langsung bergerak untuk membentuk komposisi tim dan melihat perkembangan para pemain.

"Target kami, saya pikir berjalan step by step dan kami hanya berpikir soal laga selanjutnya. Kami ingin selalu menang dan setahap demi setahap," katanya.

Gomez yang sebelumnya melatih tim asal Malaysia Johor Darul Takzim (JDT) mengaku jika seiring waktu tekanan dari para Bobotoh akan muncul kepadanya. Kendati demikian, dia menganggapnya hal yang wajar.

"Setiap waktu sepakbola penuh dengan tekanan. Karena semua orang ingin menang. Saat pendukung mendukung ke stadion, itu hal yang wajar jika mereka ingin menang. Dan kita akan bekerja untuk menang," ucapnya.

Bersama dengan JDT, pelatih berusia 60 tahun berhasil membawa juara Piala AFC pada 2015 untuk kali pertama sepanjang sejarah berdirinya klub. Prestasi itu diharapkan ditularkan kepada Maung Bandung. Gomez pun optimistis musim depan akan berjalan sesuai harapan.

"Ya untuk musim depan kita harus bekerja. Dan memulai dengan pramusim yang baik," katanya. "Target kita adalah berjuang. Berjuang di liga. Tapi yang paling terpenting adalah bekerja," sambungnya.

Disinggung mengenai para pemain, Gomez mengaku akan melakukan pengenalan lebih dekat. Langkah tersebut dilakukan guna melihat kondisi para pemain. Dia juga memuji Michael Essien yang dinilainya sebagai pemain yang bagus.

"Essien adalah pemain yang sangat bagus. Saya mengingat dia saat dia bermain di Eropa untuk tim seperti Milan, Chelsea. Dia bermain sangat baik dan sangat penting bagi tim," ucapnya.

Terkait pengetahuannya soal Persib, Gomez menyebut bahwa Persib adalah tim yang besar. Animo para suporter saat mendukung pun sangat besar sehingga membuat dirinya sangat senang bekerja untuk Persib.

"Persib adalah tim yang besar di sini. Saya tahu setiap mereka bermain, sangat banyak penggemar pergi untuk mendukung ke stadion. Dan saya menyukai itu," ujar dia.