Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

Peneliti Temukan Tulang Panggul Sinterklas, Benar-benar Nyata?

Ilham Budhiman Jum'at, 08/12/2017 08:07 WIB
Peneliti Temukan Tulang Panggul Sinterklas, Benar-benar Nyata?
Tulang panggul Santo Nikolas
Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG - Peneliti mengklaim menemukan tulang panggul milik orang suci yang hidup di abad ke-4. Orang suci tersebut mengilhami kisah Santo Nikolas yakni uskup atau pemuka agama Katholik yang kini dikenal sebagai Santa Claus atau Sinterklas.

Dilansir Daily Mail, para peneliti dari Universitas Oxford menganalisis potongan tulang panggul yang diyakini milik Santo Nikolas menggunakan tes karbon radio. Hasilnya, mereka mengumumkan jika tulang panggul tersebut berasal dari periode sejarah yang tepat.

Periode tersebut memang berasal dari zaman ketika Santo Nikolas hidup dan meninggal pada tahun 343 SM. Analisis umur tulang panggul ini dipimpin oleh Tom Higham dan Georges Kazan.

"Banyak peninggalan yang kita pelajari ternyata berasal dari periode yang berbeda. Fragmen tulang ini menunjukkan bahwa kita mungkin sedang melihat sisa peninggalan Santo Nikolas," kata Tom Higham.

"Fragmen tulang ini, sebaliknya, menunjukkan bahwa kita mungkin bisa melihat sisa-sisa dari St Nicholas sendiri." sambungnya.

Meski menemukan bahwa usia tulang panggul sangat sesuai dengan catatan sejarah Santo Nikolas, para peneliti berkata bahwa hasil tes tidak dapat memberikan bukti siapa pemiliknya.

Kini, para peneliti berniat mencocokkan DNA tulang ini dengan tulang lain milik Santo Nikolas untuk mengetahui apakah tulang tersebut berasal dari tubuh yang sama atau tidak.

"Hasil ini mendorong kita untuk sekarang beralih ke peninggalan di Bari dan Venesia untuk menunjukkan bahwa tulang tetap berasal dari individu yang sama." kata Dr Kazan.

Sebagian besar jenazah Santo Nikolas memang terkubur di Basilika di San Nicola, Bari, Italia, sejak 1087. Mereka dimakamkan di sebuah ruang bawah tanah di bawah altar marmer, tetapi selama bertahun-tahun fragmen peninggalannya telah diperoleh di gereja-gereja seluruh dunia.

Ada 500 potongan tulang lainnya yang dianggap milik Santo Nikolas yang disimpan di Venesia. "Sangat menyenangkan untuk bisa berpikir bahwa tulang ini, yang berasal dari waktu yang sangat kuno, mungkin asli," ucapnya.

St Nikolas, salah satu orang suci Kristen yang paling dihormati, diperkirakan telah tinggal di Myra, yang sekarang adalah Turki modern. Menurut legenda dia adalah orang kaya yang dikenal luas karena kemurahan hatinya.

Dia terkenal karena pemberian hadiah rahasianya, seperti memasukkan koin ke dalam sepatu orang-orang yang meninggalkannya untuknya. Semangatnya itu mengilhami kisah Bapa Natal sebagai pembawa hadiah pada Hari Natal. Hinggga kini, legenda Sinterklas sering didengar saat malam Natal tiba.

Apps Bisnis.com available on: