Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

Perhatikan! Ini Makanan Dan Minuman Pemicu Kanker

Ilham Budhiman Jum'at, 08/12/2017 07:20 WIB
Perhatikan! Ini Makanan dan Minuman Pemicu Kanker
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Kanker dikenal sebagai penyakit paling mematikan di dunia saat ini. Setiap harinya, penyakit tersebut telah merenggut banyak nyawa.

Ada banyak jenis kanker, yang sebagian besar tidak bisa disembuhkan jika terdeteksi di tingkat sedang atau pada tahap akhir dari penyakit fatal ini. Para dokter dan ilmuwan biomedis pun terus meneliti untuk menemukan penyebab kanker dan penyembuhannya yang efektif dari semua tipe kanker.

Banyak orang secara tidak sadar menggunakan banyak produk kimia dalam kehidupan sehari-hari mereka dan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker. Sebenarnya, sistem tubuh sebagian orang mungkin berakibat negatif terhadap beberapa zat alami dan buatan, yang harus dihindari untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Dilansir Boldsky, berikut 5 makanan yang bisa memicu penyebab kanker yang harus kita kurangi dan hindari konsumsinya setiap hari:

1. Minuman beralkohol
Penelitian yang berkepanjangan telah menetapkan bahwa asupan alkohol dalam jumlah terlalu banyak lebih cenderung menyebabkan kanker di berbagai bagian saluran pencernaan. Wanita lanjut usia sering didiagnosis menderita kanker payudara karena kebiasaan ini.

2. Produk makanan kaleng
Dinding bagian dalam kaleng logam ini mengandung zat kimia yang disebut Bisphenol-A atau BPA. Bahan kimia ini berbahaya bagi kesehatan manusia dan kemungkinan besar akan memicu kanker saat bercampur dengan makanan yang tersimpan dalam kaleng ini. Terutama makanan dengan asam, seperti tomat, menjadi penyebab pasti kanker.

3. Daging atau ikan panggang
Banyak orang suka makan daging panggang atau ikan karena rasanya yang nikmat. Tapi, ketika daging atau ikan dikenai suhu tinggi dari nyala api langsung, beberapa bahan kimia berbahaya tercipta di dalam makanan ini yang dapat menyebabkan kanker.

Hidrokarbon dan amina yang tidak sehat ini dikenal sebagai alasan utama kanker prostat dan kanker kolorektal pada manusia.

4. Minuman bersoda
Soda pada umumnya diyakini sebagai bahan kimia yang sangat membantu dalam mencerna makanan berat. Tapi, asupan minuman bersoda bisa menyebabkan stroke serebral dan bahkan kanker di saluran pencernaan.
Sebenarnya, efek asam soda melarutkan lapisan dalam perut dan usus, menyebabkan bisul yang kemudian berubah menjadi kanker.

5. Keripik kentang
Keripik kentang adalah makanan favorit bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Semua orang tahu bahwa keripik ini memiliki kandungan lemak terlalu tinggi sehingga menyebabkan obesitas, yang meningkatkan kadar kolesterol.

Namun, penelitian tersebut membuktikan bahwa keripik kentang juga mengandung beberapa bahan pengawet buatan yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan dapat menyebabkan kanker di sel tubuh.

Selain itu, sementara keripik kentang digoreng pada suhu tinggi, bahan kimia berbahaya yang disebut akrilamida tercipta yang dikonfirmasi sebagai penyebab kanker.

Apps Bisnis.com available on: