Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

PILGUB JABAR 2018: Emil Diduga Bingung Dengan Langkahnya Sendiri

Wisnu Wage Kamis, 07/12/2017 13:47 WIB
PILGUB JABAR 2018: Emil Diduga Bingung Dengan Langkahnya Sendiri
Ridwan Kamil
Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG--Niatan Ridwan Kamil mencari calon wakilnya di Pilgub Jabar 2018 terus menuai kritik.

Pengamat politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Karim Suryadi menilai menjaring cawagub via konvensi belum tentu efektif ujungnya malah akan mengangsir dukungan yang sudah diberikan mitra koalisi.

"Jangan mengurai benang yang menjadi kain, artinya kita tidak tahu deal apa yang sudah dibangun RK dengan parpol koalisi. Tapi rasanya tidak mungkin tanpa kesepakatan," katanya, Kamis (7/12/2017).

Bahkan dia memprediksi konvensi bisa jadi sebuah pengingkaran. Daripada konvensi, Karim menyebut lebih baik dibicarakan dengan koalisi. Namun sejauh pengamatannya, RK belum pernah melakukan komunikasi bersama sama dengan parpol koalisi.

"Keputusannya di RK sendiri, chemistrynya dengan siapa. Sinerginya dengan siapa.Calon Wagub juga punya kelemahan dan keterbatasan kalau dilihat dari wilayah. Daniel hanya utara, Uu (Ruzhanul Ulum) di priangan timur. Padahal desa-desa sangat banyak, lebih dari 5000 desa," terangnya.

Karim pu khawarir, konvensi aikan menimbulkan efek subliminal yang menguat. Alih-alih memberi kesan demokratis, malah yang muncul, RK nantinya dianggap tidak mau mengambil resiko.

"Menurut saya ide konvensi buah dari kebingungan yang dibuatnya sendiri. Kita tidak tahu komunikasi yang dilakukan dg partai pendukung. Saya menduga dukungañ yg didapat dibarter dengan janji posisi wakil. Mereka saat ini menagih janji," pungkasnya.

Apps Bisnis.com available on: