Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

Dinkes Jabar Terus Telusuri Penyebaran Difteri

Wisnu Wage Kamis, 07/12/2017 11:09 WIB
Dinkes Jabar Terus Telusuri Penyebaran Difteri
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat tengah menelusuri jejak penyebaran penyakit difteri di Jawa Barat, kemudian mengobati para penderitanya secepat mungkin.

Kepala Seksi Surveilans dan Pencegahan Penyakit pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Yus Ruseno, mengatakan sejak awal 2017 sampai Rabu (6/12) kemarin terdapat 123 kasus difteri di Jawa Barat.

"Saking seriusnya masalah penyakit ini, jika muncul satu kasus difteri saja di Jawa Barat, maka dinyatakan sebagai kejadian luar biasa (KLB)," katanya Kamis (7/12/2017).

Daerah dengan jumlah kasus difteri tertinggi di Jawa Barat, katanya, adalah Kabupaten Purwakarta dengan 27 kasus, Kabupaten Karawang 14 kasus, Kota Depok 12 kasus, Kota Bekasi 12 kasus, Kabupaten Garut 11 kasus, Kota Bandung 7 kasus, Sisanya tersebar di 14 kabupaten dan kota lainnya di Jawa Barat.

"Dua orang hari ini masih dirawat di Purwakarta, dua di Karawang, satu orang masing-masing di Kota Depok, Kota Bandung, dan ada yang dirawat juga di Jakarta. Kasus difteri ini terjadi sepanjang tahun," ujarnya.

Setiap ditemukan satu kasus difteri, katanya, tim gerak cepat dari dinas kesehatan kabupaten dan kota bersama Provinsi Jabar menelusuri tempat-tempat yang dikunjungi penderita beberapa hari sebelum terinfeksi difteri, juga siapa saja yang ditemui penderita tersebut dalam beberapa hari sebelumnya.

Apps Bisnis.com available on: