Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

Aher Minta Warga Jabar Ingat Tanggal Pencoblosan Pilkada Serentak 2018

Wisnu Wage Kamis, 07/12/2017 10:59 WIB
Aher Minta Warga Jabar Ingat Tanggal Pencoblosan Pilkada Serentak 2018
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

Bisnis.com, BANDUNG - Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 171 daerah di seluruh Indonesia akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menegaskan, sangat penting bagi masyarakat untuk dibangunkan kesadaran bahwa saat ini sudah mulai tahapan-tahapan pilkada serentak, baik pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati dan walikota.

Aher berpendapat, sosialisasi pilkada perlu dilakukan guna mendongkrak angka partisipasi masyarakat. Dalam hal ini, kata Aher, Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta seluruh stakeholder bertanggung jawab dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yang berimbas pada menurunnya jumlah masyarakat yang tidak memilih (golput).

"Tentu ada beberapa tonggak yang harus diketahui oleh masyarakat, diantaranya yang paling penting adalah tanggal dimana masyarakat harus datang untuk menyampaikan hak sekaligus kewajibannya sebagai warga negara, yaitu mencoblos pada tanggal 27 Juni 2018. Itu yang paling penting," katanya dalam rilis Humas Jabar, Kamis (7/12/2017).

"KPU bertugas dengan stakeholder semuanya, termasuk Bawaslu, untuk memberikan sosialisasi semaksimal mungkin, sehingga tingkat partisipasi masyarakat menjadi naik, sehingga otomatis yang tidak memilih (golput-red.) menjadi turun," lanjutnya.

Aher menambahkan, masyarakat juga harus terus memantau proses Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT), guna memastikan haknya tercatat dengan baik.

Ia mengingatkan agar jangan sampai ada persoalan setelah DPS ditutup.

Apps Bisnis.com available on: