Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

LIGA CHAMPIONS

Shakhtar Donetsk Membuat City Merasakan Kekalahan Perdana Musim Ini

Ihya Ulum Aldin Kamis, 07/12/2017 08:50 WIB
Shakhtar Donetsk Membuat City Merasakan Kekalahan Perdana Musim Ini
Manchester City
reuters

Bisnis.com, UKRAINA – Shakhtar Donetsk membuat kejutan dengan menjadi tim pertama yang berhasil mengalahkan Manchester City musim ini dari semua ajang yang diikuti oleh anak asuh Pep Guardiola. Pertandingan ini terjadi di matchday pamungkas Grup F Liga Champions, Kamus (7/12) WIB, di OSC Metalist, Ukraina.

Meski kalah, tapi The Citizens masih keluar sebagai juara Grup F dengan raihan 15 poin. Sementara tim yang menemaninya adalah Shakhtar Donetsk, bukan Napoli. Shakhtar dapat tambahan tiga poin pada pertandingan ini, menjadikan poin mereka 12.

Sementara Napoli hanya mengumpulkan 6 poin saja karena, secara mengejutkan, kalah dari Feyenoord. Pasalnya, di fase grup ini, Feyenoord selalu kalah dan hanya mengumpulkan 3 poin, hasil dari kemenangannya dari Napoli.

Jalannya Pertandingan

Manchester City yang tampil tanpa skuad penuh, berhasil mendominasi jalannya pertandingan dengan menguasai 62% bola. Tapi, tim tuan rumah lebih banyak melakukan percobaan dengan 13 kali melakukannya, di mana 6 di antara mengarah ke gawang.

Sementara Manchester City, hanya melepaskan 2 kali tembakan ke arah gawang hasil dari 10 percobaan.

Shakhtar Donestk berhasil unggul dua gol tanpa balas di babak pertama. Menit 26’ Bernard Anicio membuat Shakhtar unggul. Tembakan cantik dari sisi kiri lapangan yang mengarah ke tiang jauh, tak mampu diantisipasi oleh kiper City Ederson Moraes.

Selang empat menit, tepatnya menit 32’, tim tuan rumah berhasil menggandakan skor. Kali ini melalui Ismaily Goncalves yang menerima umpan terobosan dari Marlos Romero. Ederson Moraes yang maju hingga luar kotak penalti, berhasil dilewati oleh Ismaily dan akhirnya membuat Shakhtar unggul.

Manchester City baru bisa memperkecil defisit golnya ketika memasuki masa injury time babak kedua, tepatnya menit 90+2’ melalui titik putih yang dieksekusi oleh Kun Aguero.

Hingga peluit panjang berbunyi, Manchester City gagal menyamakan kedudukan. Catatan tak terkelahakan City musim ini di semua ajang, berhasil dihentikan oleh Shakhtar Donetsk.

Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk: 30-Andriy Pyatov; 44-Yaroslav Rakitskiy, 31-Ismaily Goncalves (26-Gonzaga Marcio Azevedo 64'), 2-Bohdan Butko, 18-Ivan Ordets; 8-Fred, 6-Taras Stepanenko; 7-Taison Barcellos, 11-Marlos Romero, 10-Bernard Anicio; 19-Facundo Ferreyra

Manchester City: 31-Ederson Moraes; 15-Eliaquim Mangala, 3-Danilo, 24-Tosin Adarabioyo, 47-Philip Foden; 42-Yaya Touré, 25-Fernandinho (10-Sergio Aguero 70'), 8-lkay Gündoan; 19-Leroy Sané (55-Brahim Diaz 62'), 20-Bernardo Silva, 33-Gabriel Jesus

Apps Bisnis.com available on: