Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

LIGA CHAMPIONS

Kalahkan Dortmund, Real Madrid Tetap Finis Di Peringkat Dua

Ihya Ulum Aldin Kamis, 07/12/2017 08:15 WIB
Kalahkan Dortmund, Real Madrid Tetap Finis di Peringkat Dua
Cristiano Ronaldo
Reuters

Bisnis.com, SPANYOL – Real Madrid mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 3-2 pada matchday pamungkas Grup H Liga Champions musim ini, Kamus (7/12) WIB, di Santiago Bernabeu, Spanyol. Meski Dortmund sempat bangkit, namun Real Madrid mengunci kemenangan melalui Lucas Vazquez.

Meskipun menang, Real Madrid finis di posisi 2 klasemen akhir Grup H karena selisih 3 poin dari pemuncak klasemen Tottenham Hotspur yang berhasil menumbangkan APOEL 3-0 di Wembley Stadium, Inggris. Kedua tim sudah dipastikan lolos sejak matchday sebelum ini, sedangkan Dortmund harus rela tersingkir dari UCL.

Jalannya Pertandingan

Tampil dihadapan publik sendiri, Real Madrid bermain mendominasi dengan penguasaan bola mencapai 62%. Real Madrid juga mencatatkan 21 kali percobaan yang 11 di antaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Dortmund hanya melakukan 8 kali percobaan dengan 3 di antaranya yang mengarah ke gawang Real Madrid.

Pertandingan baru berjalan dua belas menit, Real Madrid sudah unggul dua gol tanpa balas. Borja Mayoral yang mencatatkan namanya terlebih dahulu di papan skor pada menit 8’.

Berawal dari Isco yang menerima umpan terobosan dari Cristiano Ronaldo, Isco memberikan bola kepada Mayoral yang berdiri bebas.  Mayoral berhasil menjebul gawang Dormund yang dijaga oleh Roman Burki.

Tak lama berselang, tepatnya menit 12’, Ronaldo yang kali ini mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan cantik ke arah tiang jauh yang dilepaskan Ronaldo dari luar kotak penalti, melesak masuk dan membuat Roman Burki hanya terdiam.

Gol Bintang Real Madrid ini menjadikannya sebagai satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di enam laga fase grup Liga Champions.

Dortmund berhasil memperkecil ketertinggalannya jelang turun minum, tepatnya menit 43’ melalui gol Pierre-Emerick Aubameyang.

Marcel Schmelzer yang berhasil mencuri bola dari pemain Real Madrid, melepaskan umpan ke depan gawang Real Madrid. Aubameyang menyambutnya dengan sundulan yang berhasil menaklukan Keylor Navas.

Masuk babak kedua, menit 49’, Aubameyang berhasil menyamakan kedudukan. Dirinya yang lolos dari offside, melepaskan tembakan yang masih dapat ditahan oleh Navas. Tapi, bola muntahnya berhasil dia dapatkan kembali untuk kembali menaklukan gawang Real Madrid.

Beruntung Real Madrid memiliki Lucas Vazquez. Golnya pada menit 81’ memanfaatkan operan melalui sundulan yang diberikan oleh Theo Hernandez, berhasil membuat Real Madrid kembali unggul dan mengunci kemenangan.

Pasalnya, hingga wasit meniup pelui panjang, tak ada tembahan gol tercipta.

Susunan Pemain

Real Madrid: 1-Keylor Navas; 4-Sergio Ramos, 5-Raphael Varane (20-Marco Asensio 38'), 15-Theo Hernandez, 6-Nacho, 14-Casemiro, 22-Isco (18-Marcos Llorente 69'), 23-Mateo Kovacic (34-Dani Ceballos 58'), 21-Borja Mayoral, 7-Cristiano Ronaldo, 17-Lucas Vazquez

Borussia Dortmund: 38-Roman Burki; 4-Neven Subotic, 29-Marcel Schmelzer, 25-Sokratis Papastathopoulos, 19-Mahmoud Dahoud; 8-Nuri Sahin (33-Julian Weigi 65'), 13-Raphael Guerreiro, 5-Marc Bartra, 17-Pierre-Emerick Aubameyang, 23-Shinji Kagawa, 22-Christian Pulisic

Apps Bisnis.com available on: