Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

AS Kian Gencar Provokasi, Korea Diambang Perang

Kahfi Kamis, 07/12/2017 18:53 WIB
AS Kian Gencar Provokasi, Korea Diambang Perang
(web)

 

Bisnis.com, SEOUL- Pesawat pengebom B-1B milik Amerika Serikat (AS) ikut bergabung dalam latihan perang skala besar bersama di  Korea Selatan, pada Kamis (7/12/2017) waktu setempat.

Langkah itu dianggap sebagai provokasi yang kian gencar dilancarkan AS dan Korea Selatan. Tak pelak, ancaman perang pun semakin niscaya dengan giatnya latihan militer AS dan Korsel.

Latihan militer itupun mengikutsertakan peralatan militer canggih milik AS, termasuk penerjunan kapal induk. Apalagi, AS juga melibatkan armada pesawat tempur siluman dalam latihan militer, hal ini dianggap sebagai respon terhadap aksi uji misil lintas benua Korut.

Dikutip dari Reuters, seorang jurubicara dari Kementerian Luar Negeri Korut menuding langkah AS semakin mendorong terjadinya perang. Korut menilai aksi latihan militer dan provokasi telanjang dari AS akan menyulut perang.

“Dengan semua aksi ini, pertanyaan kemudian adalah kapan perang akan pecah?” ujar jurubicara tersebut sebagaimana diberitakan agensi berita KCNA.

Dia mengatakan Korut tidak menginginkan perang. “Namun kami tidak akan lari dari hal ini,” katanya.

Di sisi lain, China selaku sekutu Korut tampak menjaga tensi. “Kami berharap kedua belah pihak menahan diri, tidak meningkatkan tensi dan provokasi,” ujar Jurubicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang.

 

Apps Bisnis.com available on: