Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

KIYAI PESANTREN BUNTET: Emil-Maman Ideal Pimpin Jawa Barat

Maman Abdurahman Kamis, 07/12/2017 18:29 WIB
KIYAI PESANTREN BUNTET: Emil-Maman Ideal Pimpin Jawa Barat
ilustrasi
bisnis/jabar

Bisnis.com, CIREBON—Pengasuh Pondok Pesantren Buntet di Kabupaten Cirebon, KH. Adib Rofi`uddin Izza menilai rumor menduetkan Ridwan Kamil-Maman Imanulhaq untuk Pilgub Jawa Barat 2018 merupakan hal yang ideal.

Pasalnya Maman merupakan tokoh yang berasal dari wilayah III Cirebon dengan latar belakang pendidikan santri, pengasuh pondok pesantren dan memiliki banyak pengalaman di organisasi ataupun birokrasi.

Adib mengatakan dari sekian banyak nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur (Jabar) yang komposisinya ideal hanya Ridawan Kamil dan Maman Imanulhaq karena perpaduan teknokrat yang memahami masalah pembangunan infrastruktur dan kalangan kiyai yang faham betul mengurus peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dia menuturkan Jawa Barat dengan basis pesantren yang besar selama ini belum pernah terakomodir dalam kancah politik dan kali ini kalangan pesantren menginginkan ada sosok santri atau kiyai yang maju di Pilgub Jabar.

“Tinggal bagaimana saat ini kesiapan dari yang bersangkutan sendiri nantinya seperti apa,” katanya, Kamis (07/12/2017).

Ketika ditanya apakah akan segera melakukan deklarasi dukungan terhadap pasangan Emil-Maman, Adib mengungkapkan belum bisa memastikan karena ada hal yang perlu dikaji lebih lanjut di kalangan kiyai.

“Perhelatan Pilgub Jabar 2018 memang mulai ramai akan tetapi kami masih akan terus memantau perkembangannya,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: