Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

INSA: Pelabuhan Cirebon Pasar Potensial Untuk Bisnis Pelayaran Niaga

Maman Abdurahman Rabu, 06/12/2017 18:25 WIB
INSA: Pelabuhan Cirebon Pasar Potensial untuk Bisnis Pelayaran Niaga
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, CIREBON-- Ketua Indonesian National Shipowners' Association (INSA) Cirebon, Ade Purnama menyatakan Pelabuhan Cirebon memiliki peluang menjadi pasar potensial bagi bisnis pelayaran niaga jika sudah direvitalisasi.

Rencana PT. Pelindo II Cabang Pelabuhan Cirebon merevitalisasi kawasan pelabuhan mulai 2018 merupakan kabar gembira bagi dunia usaha tak terkecuali kalangan pengusaha kapal pelayaran niaga.

Ade mengungkapkan kedangkalan Pelabuhan Cirebon selama ini menjadi masalah yang membuat kapal-kapal niaga besar tak bisa berlabuh di Cirebon padahal potensi bisnisnya cukup bagus karena mampu menggaet dunia usaha sebagian wilayah Jabar.

Dia menuturkan dengan potensi pasar yang cukup besar tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan pengusaha pelayaran niaga.

“Cirebon ada industri kerajinan rotan yang kebanyakan untuk pasar ekspor, industri semen dan lain-lain,” katanya, Rabu (06/12/2017).

Ade mengungkapkan kapal pelayaran niaga kebanyakan berbentuk lancip pada bagian bawahnya sehingga membutuhkan kedalaman dermaga pelabuhan yang cukup dalam.

“Berbeda dengan tongkang batu bara yang bagian bawahnya datar yang selama ini banyak masuk ke Pelabuhan Cirebon,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: