Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

Pelindo II Cirebon Mulai Revitalisasi Pelabuhan Pada 2018

Maman Abdurahman Rabu, 06/12/2017 17:07 WIB
Pelindo II Cirebon Mulai Revitalisasi Pelabuhan Pada 2018
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, CIREBON—PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Pelabuhan Cirebon rencananya akan mulai merevitalisasi pelabuhan di daerah itu mulai tahun 2018 karena Rencana Induk Pelabuhan (RIP) sebagai syarat wajib revitalsiasi, sudah mereka dapatkan dari Kementerian Perhubungan.

Pelindo II telah menjadikan Pelabuhan Cirebon sebagai salah satu proyek strategis yang harus dikerjakan. Adapun revitalisasi ditargetkan rampung dalam 2 tahun sehingga dermaga baru Pelabuhan Cirebon sudah bisa digunakan pada tahun 2020.

Deputi Hukum dan Pengendalian Internal Pelindo II Cirebon, Imam Wahyu mengatakan nilai investasi yang dibutuhkan untuk revitalisasi Pelabuhan Cirebon sekitar Rp5-Rp7 triliun yang dananya berasal dari Pelindo.

“Revitalisasi Pelabuhan Cirebon dananya bukan memakai dana APBD atau APBN tapi dana perusahaan,” katanya, Rabu (06/12/2017).

Imam mengungkapkan revitalisasi nantinya akan dimulai dengan proses reklamasi lahan seluas 50 Ha yang nantinya digunakan untuk dermaga baru adapun panjang dermaga itu sendiri sekitar 2 Km dari bibir pantai dengan kedalaman hingga 9 meter.

“Pelabuhan Cirebon nantinya akan bisa disinggahi kapal-kapal kargo selain itu fasilitas untuk peti kemas juga akan disediakan di pelabuhan,” ujarnya.

Imam menambahkan proses revitalisasi Pelabuhan Cirebon selama 2 tahun sangat realistis karena saat ini ada teknologi baru yang memungkinkan pengerjaan revitalisasi menjadi lebih cepat seperti yang digunakan dalam pembangunan Newport Kalibaru.

“Revitalisasi Pelabuhan Cirebon ini menjadi kabar gembira bagi dunia usaha karena nanti mereka bisa ekspor langsung dari Cirebon,” tambahnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: