Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

9 Alasan Mengapa Anda Harus Minum Air Kelapa Secara Rutin

Ilham Budhiman Selasa, 05/12/2017 08:05 WIB
9 Alasan Mengapa Anda Harus Minum Air Kelapa Secara Rutin
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Kelapa merupakan buah populer yang dikenal dengan manfaatnya yang luar biasa. Pada zaman dahulu saja, buah ini digunakan sebagai khasiat untuk pengobatan secara alami. Sebab, buah ini memiliki beberapa kandungan yang mampu mengatasi permasalahan kesehatan.

Air kelapa diketahui mengandung beberapa nutrisi sehat seperti protein, karbohidrat, berbagai jenis vitamin dan mineral, serta unsur antioksidan.

Maka tak heran, bila air yang terdapat di dalam buah ini berfungsi sebagai obat alami untuk sejumlah penyakit yang sering diderita orang dalam kehidupan sehari-hari.

Minum air kelapa secara rutin akan memberi dampak bagi kesehatan tubuh, salah satu adalah melindungi kesehatan jantung dan baik untuk mencegah dehidrasi. Dan berikut 10 manfaat minum air kelapa seperti dikutip Boldsky:

1. Mengontrol tekanan darah
Banyak orang yang terlihat menderita tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Air kelapa segar mengandung sejumlah besar potasium dan magnesium yang dapat menurunkan tingkat tekanan darah sampai batas tertentu, sehingga mampu mengatasi hal tersebut.

2. Melindungi kesehatan jantung
Air kelapa bebas dari semua lemak berbahaya, oleh karenanya minuman alami ini teraman untuk pasien jantung. Terlebih, mengandung antioksidan yang membantu sirkulasi darah lebih halus ke seluruh tubuh.

Air kelapa juga membantu dalam mengurangi tingkat low-density lipoprotein (LDL) yang disebut kolesterol jahat, sehingga menghemat penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung.

3. Membantu mengurangi berat badan
Karena rendah lemak menjadikan minuman ini ideal bagi orang-orang yang kelebihan berat badan. Minuman alami ini mengandung sejumlah besar potasium, yang bisa mengeluarkan kelebihan air dari sistem tubuh, bersama dengan semua zat beracun yang berbahaya.

Selain itu, mengandung beberapa enzim sehat yang membantu dalam pencernaan makanan secara cepat dan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, sehingga membakar lemak yang tersimpan dengan lebih cepat.

4. Mencegah dehidrasi
Air kelapa mengandung banyak karbohidrat dan garam yang mudah dicerna. Dengan demikian, ini berfungsi sebagai minuman terbaik untuk mengatasi kondisi dehidrasi terutama kepada yang menderita diare dan mual, di mana tubuh menghadapi sejumlah besar kehilangan cairan.

Minuman ini juga baik diminum setelah olahraga, yang kehilangan sejumlah besar air dari dalam tubuh karena keluarnya keringat berlebihan.

5. Menurunkan kadar gula darah
Air kelapa kaya kandungan protein dan serat yang membantu dalam meningkatkan produksi insulin di dalam sel tubuh. Dengan demikian, minuman ini dapat diberikan secara aman kepada pasien diabetes secara teratur, yang juga mengurangi keparahan beberapa efek samping diabetes yang merugikan.

6. Menyembuhkan masalah saluran kemih
Adanya potassium dan enzim yang sehat dalam air kelapa menjadikannya minuman yang sempurna untuk menghilangkan semua racun dari dalam tubuh melalui produksi urin berlebih.

Dengan demikian, sifat asam urin berubah menjadi basa karena kelebihan garam air kelapa, yang sangat membantu dalam mencegah infeksi saluran kemih.

7. Membuat kulit sehat
Air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan umum pada tubuh seperti keriput dan garis penuaan.

Hidrasi yang diberikan oleh air kelapa membuat kulit tetap halus dan bersinar, sehingga memberikan tampilan lebih muda ke seluruh tubuh.

8. Kurangi masalah rambut
Asupan air kelapa secara teratur membuat menguatnya akar helai rambut jauh lebih kuat, sehingga mencegah rambut mengalami kerontokan. Untuk itu, agar mencapai rambut sehat dan panjang bisa menggunakan minuman alami ini.

9. Memperkuat kekuatan mental
Air kelapa diperkaya dengan asam glutamat, yang merupakan asam amino yang memiliki kekuatan untuk meningkatkan kekuatan menghapal di sel otak. Dengan demikian, asupan rutin minuman alami ini bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan belajar khususnya kepada anak-anak.

Air kelapa juga mengandung sejumlah vitamin yang membantu menurunkan tingkat stres dan membuat seseorang dalam suasana hati yang lebih baik.

Apps Bisnis.com available on: