Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 18 Desember 2017

Tol Soroja Diresmikan Jokowi, Aher Yakin Bawa Dampak Ekonomi

Wisnu Wage Senin, 04/12/2017 15:08 WIB
Tol Soroja Diresmikan Jokowi, Aher Yakin Bawa Dampak Ekonomi
Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja)
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menilai kehadiran ruas jalan Tol Soroja sepanjang 10,57 Km ini telah menjadi urat nadi baru bagi Bandung Raya, yang menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung dan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Padalarang Cileunyi.

“Selama puluhan tahun masyarakat menghadapi kemacetan yang sangat luar biasa setiap harinya, namun sekarang dengan kehadiran Tol Soroja, waktu tempuh menuju Soreang sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Bandung dapat dipangkas menjadi hanya 10 hingga 15 menit saja,” katanya usai peresmian Tol Soroja oleh Presiden Joko Widodo, Senin (4/12/2017).

Menurutnya ruas jalan Tol Soroja memudahkan akses menuju kawasan olahraga terpadu Si Jalak Harupat, yang saat ini telah memiliki berbagai fasilitas olahraga bertaraf nasional dan internasional yang sempat digunakan dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 19 Tahun 2016 lalu.

“Sehingga membuka peluang lebih besar bagi terselenggaranya event pertandingan olahraga berskala nasional bahkan internasional di kawasan ini,” ujarnya.

Arti penting lainnya dengan beroperasinya Tol Soroja ini  adalah meningkatnya aksesibilitas menuju berbagai destinasi pariwisata yang sangat atraktif di wilayah Bandung Selatan, baik yang berada di Kawasan Ciwidey seperti Kawah Putih, Perkebunan Teh Rancabali dan Kawasan Wisata Ranca Upas.

“Maupun aksesibilitas ke kawasan Pangalengan dengan pusat destinasinya di Situ Cileunca, bahkan dapat diteruskan menuju Rancabuaya wilayah Jawa Barat bagian Selatan yang sangat indah,” paparnya.

Heryawan mengakui kehadiran ruas Tol Soroja ini benar-benar akan mendatangkan dampak sosial ekonomi yang sangat siginifikan, dan telah sangat amat dinantikan kehadirannya oleh masyarakat, yang saat ini wilayah Bandung Raya merupakan konsentrasi terbesar domisili penduduk Jawa Barat.

 

Apps Bisnis.com available on: