Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

Redakan Flu Di Musim Hujan Dengan Konsumsi Makanan Dan Minuman Ini

Ilham Budhiman Minggu, 03/12/2017 10:30 WIB
Redakan Flu di Musim Hujan dengan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Di saat musim hujan seperti ini tubuh mudah terserang penyakit flu. Alasannya, dengan kondisi yang demikian membuat virus mudah menyebar karena melemahnya daya tubuh.

Flu sendiri adalah infeksi di mana kita sering mengalami bersin, batuk dan hidung tersumbat. Kondisi ini membuat tak nyaman sehingga bisa menghambat mobiitas sehari-hari.

Oleh karena itu, demi menjaga kondisi tersebut tubuh perlu asupan makanan dan minuman yang sehat. Dan berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang membantu meredakan gejala flu serta memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti dilansir Boldsky:

1. Air hangat, lemon, madu
Air hangat bisa meredakan radang tenggorokan. Lemon kaya vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu adalah antivirus alami yang akan membunuh virus. Campur satu sendok teh madu dan jus satu lemon dalam segelas air hangat dan minm dua kali sehari.\

2. Air kelapa
Air kelapa mengandung elektrolit dan membuat tubuh terhidrasi. Air kelapa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi flu. Air kelapa juga kaya asam laurat dan asam kaprilat, yang memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

3. Bawang putih
Bawang putih sangat efektif dalam mengobati demam. Sifat antiseptiknya bisa membunuh infeksi. Bawang putih mengandung vitamin C, selenium dan mineral lainnya yang mengobati demam.

Sehingga berfungsi sebagai ekspektoran yang membuka saluran hidung dan menghilangkan lendir. Buatlah pasta dari dua siung bawang putih dan campurkan dalam segelas air. Minumlah setiap hari.

4. Ubi jalar
Ubi jalar adalah sumber vitamin C dan D yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ubi jalar juga memberi energi yang sangat dibutuhkan saat sakit.

5. Kunyit
Kunyit bersifat antiseptik dan antiinflamasi, yang bisa mengurangi radang rongga hidung serta melegakan tenggorokan. Kunyit berfungsi sebagai ekspektoran yang menghapus lendir. Campurkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu hangat dan minum setiap hari.

6. Jahe
Jahe adalah obat yang sangat baik untuk batuk dan pilek. Jahe bisa meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Jahe merupakan antivirus yang membunuh bakteri.

Tambahkan jahe seukuran 3 inci ke gelas kosong, lalu tambahkan 1 sendok perasan lemon dan 2 sendok makan madu. Tuangkan air panas dan biarkan selama beberapa lama.

7. Pisang
Pisang kaya vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Pisang bisa dikonsumsi sebagai camilan penangkal flu. Konsumsilah pisang sebagai camilan di pertengahan pagi saat musim dingin.

8. Sup ayam
Sup ayam adalah makanan paling tepat menangkal flu. Sup ayam bisa melegakan radang tenggorokan. Ayam mengandung carnosine, yang bisa mengurangi hidung tersumbat dan rasa sesak di tenggorokan. Sup ayam juga berfungsi sebagai antiinflamasi.

9. Sayuran hijau
Sayuran hijau kaya vitamin dan mineral yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Juga mengurangi kemungkinan jatuh sakit dan membantu tubuh pulih lebih cepat.

Apps Bisnis.com available on: