Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

Hindari! Ini 10 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Merusak Ginjal

Ilham Budhiman Jum'at, 01/12/2017 10:05 WIB
Hindari! Ini 10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Ginjal
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Ada kebiasaan sehari-hari yang kerap kali dilakukan seseorang dengan keliru tanpa sadar jika kebiasaan tersebut bisa merusak fungsi ginjal.

Ginjal sendiri merupakan organ vital yang berfungsi mengeluarkan partikel yang tidak dibutuhkan dalam darah dan membuangnya melalui urin. Organ yang berbentuk seperti kacang ini menyaring sekitar 120-150 liter urin, limbah dan cairan berlebih setiap harinya.

Salah satu kebiasaan yang bisa membuat seseorang terkena sakit ginjal adalah menahan buang air kecil, kurangnya minum air putih serta terlalu banyak minum kopi.

Selain itu, ada banyak kebiasaan yang tak disadari sehingga bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan bisa memberi banyak tekanan pada organ ini. Berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak ginjal seperti dilansir Boldsky:

1. Kurang minum air mineral

Hal ini menyebabkan racun tidak dapat dikeluarkan secara keseluruhan sehingga akan menyebabkan akumulasi racun di ginjal dan menyebabkan kerusakan ginjal.

2. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Peneliti mengatakan bahwa orang-orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dapat mempengaruhi kandungan protein dalam urin. Hal ini dapat menjadi gejala awal kerusakan fungsi pada ginjal.

3. Asupan garam berlebih

Efek asupan garam berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan memberikan tekanan pada organ. Hal ini akan berujung pada penyakit ginjal.

4. Terlalu banyak minum kopi

Terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan ginjal 'stres' serta menaikkan tekanan darah. Mengonsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal selama periode waktu tertentu.

5. Konsumsi alkohol berlebih

Konsumsi alkohol secara berlebih selama berminggu-minggu bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Hal ini karena alkohol bisa memberi tekanan pada ginjal dan juga hati.

6. Kurang asupan vitamin

Ginjal dapat berfungsi dengan baik jika asupan yang dibutuhkan dapat terpenuhi. salah satunya asupan vitamin B6. Jika Anda kekurangan asupan vitamin B6, hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain bayam, ikan, bawang putih dan daging sapi tanpa lemak.

7. Menahan kencing

sering menahan kencing ternyata berdampak pada peningkatan tekanan yang bisa menyebabkan gagal ginjal dan batu ginjal.

8. Kurang tidur

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal adalah kurangnya tidur yang cukup. Tubuh membutuhkan cukup tidur di malam hari untuk memperbaiki kerusakan pada ginjal.

9. Penyalahgunaan obat

Beberapa obat yang digunakan untuk pengobatan nyeri dipenuhi dengan bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan lebih banyak komplikasi. Salah satu efek sampingnya adalah kerusakan ginjal dan hati yang parah.

10. Mengonsumsi daging merah berlebihan

Meningkatnya penggunaan protein hewani seperti daging merah dapat meningkatkan beban metabolik pada ginjal. Untuk itu, dianjurkan untuk menghindari asupan daging merah secara berlebihan. Imbangi asupan tubuh dengan mengnsumsi sayuran.

Apps Bisnis.com available on: