Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

Penataan PKL Masih Jadi PR Pemerintahan Ridwan Kamil

Ilham Budhiman Kamis, 30/11/2017 17:50 WIB
Penataan PKL Masih Jadi PR Pemerintahan Ridwan Kamil
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Bandung diklaim masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintahannya. Perlu diingat, sisa jabatan Ridwan Kamil sebagai wali kota Bandung menyisakan satu tahun lagi.

Menurut dia, sebenarnya Pemkot Bandung sudah mengupayakan pelbagai solusi penataan PKL termasuk merelokasinya ke tempat lain yang lebih pantas. Namun, tidak semua PKL setuju akan solusi tersebut. Satu di antaranya adalah PKL Cicadas.

Ridwan Kamil mengatakan, permasalahan penataan PKL di Cicadas memang menjadi salah satu prioritas yang akan diselesaikannya sebelum masa jabatannya berakhir. Dia memberi garansi tahun 2018 penataan PKL Cicadas akan tuntas.

"Iya sudah dianggarkan di tahun 2018. Dan sedang diproses, salah satu solusinya adalah bikin skywalk," kata pria yang mencalonkan diri menjadi gubernur Jawa Barat tersebut, di Bandung pada Kamis (30/11).

Sebenarnya, PKL Cicadas pernah direlokasi ke tempat lain yang tak jauh dari tempat semula yaitu ke Bandung Trade Mall (BTM). Namun, para PKL tersebut berdalih jika penjualan di sana sepi dan memilih pulang ke tempat asal di sepanjang trotoar jalan.

"Maka solusi lain adalah membuat skywalk seperti di Cihampelas. (pembangunan) antara Pos Polisi (Cicadas) sampai ke Jembatan Pelangi Antapani. Atau sepanjang Jalan Cikutra (RS Santo yusuf)," ujar Emil.

Emil menambahkan, pihaknya tidak bisa merelokasi tanpa sebuah solusi yang konkret. Dia menyebut selama ini tidak ada lokasi-lokasi yang memadai guna menampung para PKL Cicadas tersebut. Sehingga pembangunan skywalk adalah solusi terbaik.

"Jadi (penataan PKL) itu komitmen saya. PR saya adalah (menyelesaikan) para PKL," ucapnya.

Selain PKL Cicadas, Emil juga tengah menyiapkan penataan bagi para PKL di kawasan lain salah satunya adalah Jalan Jamika. "Untuk tahun ini yang sedang kita lakukan adalah menggeser yang di Jalan Jamika, yang suka memacetkan jalan saat malam hari. Kita relokasi ke Jalan Cibadak," jelasnya.

Untuk kawasan tersebut, Emil berjanji dalam satu bulan penataan tersebut akan tuntas. "Bulan Desember Insya Allah kalau lancar sudah beres," tutupnya.

Pada masa pemerintahannya, setidaknya sudah ada beberapa penataan PKL yang dinilainya sukses antara lain Cihampelas, Purnawarman, Alun-alun, dan Jalan Merdeka.

Apps Bisnis.com available on: