Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Purwakarta Targetkan Luasan Tanam Terus Bertambah

Wisnu Wage Selasa, 28/11/2017 17:30 WIB
Purwakarta Targetkan Luasan Tanam Terus Bertambah
Benih padi
Bisnis

Bsnis.com,PURWAKARTA--Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta menagetkan luasan lahan yang ditanam selama musim hujan dari Oktober 2017 sampai Maret 2018 mencapai 20 ribu hektare. 

Kadis Pangan dan Pertanian Purwakarta Agus Rachlan Suherlan mengatakan target ini jauh lebih luas dibanding areal baku sawah di wilayah tersebut.

"Luasan baku sawah di Purwakarta 17.792 hektare. Akan tetapi, selama musim hujan ini ada peningkatan luasan tanam. "Peningkatan ini, karena ada lahan tidur yang bisa ditanami padi selama musim hujan," katanya.

Dengan adanya penambahan luasan tanam ini, pihaknya sudah mempersiapkan ketersediaan benih, pupuk serta sarana pertanian lainnya. Hal ini supaya, hasil produksi selama musim hujan bisa maksimal. 

"Penambahan yang paling krusial, yaitu ketersediaan pupuk bersubsidi mengingat, kebutuhan akan pupuk di wilayah ini mencapai 300-350 kilogram per hektarenya," tuturnya.

Untuk penambahan alokasi pupuk ini, pihaknya sudah mengirimkan permohonan ke provinsi supaya bisa direalokasikan."Realokasi pupuk sangat penting. Soalnya, luasan tanam kita bertambah," ujarnya.

Meskipun sampai saat ini, hasil produksi petani masih di kisaran 6 ton sampai 6,5 ton gabah kering pungut (GKP) per hektarenya. Namun, bila luas lahannya bertambah maka akan ada penambahan hasil produksi juga."Karena itu, kita optimistis hasil pertanian di Purwakarta tetap surplus," ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: