Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

Kata Peneliti Soal Bahaya Makanan Dihinggapi Lalat

Ilham Budhiman Selasa, 28/11/2017 08:28 WIB
Kata Peneliti soal Bahaya Makanan Dihinggapi Lalat
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Jika Anda melihat seekor lalat yang melayang-layang di sekitar makanan, maka Anda perlu menghindari makanan tersebut karena jika dikonsumsi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Dalam sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, para peneliti telah menemukan bahwa satu ekor lalat membawa ratusan spesies bakteri yang berbeda, yang di antaranya sangat berbahaya bagi manusia.

Para periset dari Pennsylvania State University di Amerika Serikat telah mengamati mikroba dari 116 rumah dan lalat hijau di berbagai belahan dunia untuk penelitian ini.

Hasilnya, lalat tersebut membawa berbagai jenis bakteri berbahaya dan menyebarkan penyakit. Maka, para periset telah memperingatkan agar tidak mengonsumsi makanan yang dihinggapi lalat termasuk jajanan di luar yang berpotensi banyak dihinggapi lalat.

"Kami percaya bahwa ini mungkin menunjukkan mekanisme transmisi patogen yang telah diabaikan oleh petugas kesehatan masyarakat, dan lalat dapat berkontribusi terhadap transmisi cepat patogen dalam situasi wabah," kata Donald Bryant, dari Pennsylvania State University dilansir Boldsky.

Selama penelitian, para peneliti menyelidiki kandungan mikroba dari bagian tubuh seekor lalat, termasuk kaki dan sayap. Bagian kaki nampaknya memindahkan sebagian besar organisme mikroba dari satu permukaan ke permukaan lainnya.

"Kaki dan sayap menunjukkan keragaman mikroba yang tinggi, dan menunjukkan bahwa bakteri menggunakan lalat sebagai kendaraan penyebar virus. Mungkin bakteri bertahan dalam perjalanan mereka, tumbuh dan menyebar ke permukaan yang baru," kata Stephan Schuster, dari Pennsylvania State University.

Lalat mengandung kotoran dan bakteri yang berkembang biak terus-menerus. Para periset menemukan 15 contoh patogen manusia Helicobacter pylori, sebuah patogen yang sering menyebabkan borok di usus manusia.

Adapun yang harus Anda lakukan untuk terhindar dari masalah serius tersebut adalah dengan menjaga lingkungan agar senantiasa bersih sehingga lalat jarang ditemukan di dalam rumah. Dan berikut tips lainnya:

Jaga kebersihan makanan
Cucilah bahan makanan mentah seperti sayuran dan buah. Buanglah jika tampak busuk karena bisa menimbulkan penyakit. Bahkan, lalat bisa berkembang biak dan menimbulkan infeksi.

Menjaga lingkungan bersih
Menjaga lingkungan bersih dijamin akan mencegah perkembangbiakan lalat di sekitar Anda. Hal ini pada gilirannya membantu dalam mencegah penyebaran penyakit juga.

Mengelola sampah dengan tepat
Sistem pengelolaan limbah yang tepat adalah suatu keharusan untuk mencegah penyakit. Tempat sampah harus ditutup dengan benar.

Jika tempat sampah dibiarkan terbuka, akan mengundang beberapa jenis lalat dan membuatnya menjadi tempat berkembang biak yang tepat bagi lalat.

Apps Bisnis.com available on: