Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Tahun Ini, Jabar Targetkan Gaet Investasi Rp104 T

Wisnu Wage Selasa, 21/11/2017 19:00 WIB
Tahun Ini, Jabar Targetkan Gaet Investasi Rp104 T
ilustrasi
bandung.bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG-Kepala Bidang Pengendalian Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Jawa Barat Diding Abidin  mengatakan pihaknya masih optimis target investasi 2017 ke Jabar bisa mencapai Rp104 triliun. 

"Target investasi nasional itu Rp 678 triliun, kita ditargetkan Rp 104 triliun. Pada triwulan pertama tahun ini, kita sempat menduduki peringkat pertama dalam capaian PMA dan PMDN secara nasional," ujarnya pada bisnis. 

Pihaknya melihat bahwa arus modal yang masuk ke daerah agak melambat mengingat ada sejumlah persoalan di lapangan.Dia mencontohkan, di satu daerah yang saat ini investasinya masih 0%, PMA sulit masuk karena investor tidak memiliki kejelasan mengenai lahan. “Mau masuk lahannya tidak ada atau tidak dipersiapkan pemerintah daerahnya. Ini menghambat,” katanya. 

Meski ada hawa penurunan dalam tiga tahun terakhir, Diding yakin Jabar akan tetap menjadi primadona investasi. Sepanjang tahun ini, nilai investasi pada PMA sebesar Rp 53,9 triliun dari 3.324 proyek. Sedangkan, PMDN mencapai Rp 29 triliun dari 785 proyek. 

Menurutnya upaya peningkatan komunikasi antara pemerintah pusat dengan daerah, adanya kepastian hukum, daya saing usaha yang tinggi, dan lainnya tetap akan menjadikan Jabar provinsi yang diminati perusahaan asing maupun dalam negeri untuk menanamkan modalnya.

 

Apps Bisnis.com available on: