Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Makna Gerbang Megah 'Gapura Indung Rahayu' Purwakarta

Wisnu Wage Senin, 20/11/2017 14:41 WIB
Makna Gerbang Megah 'Gapura Indung Rahayu' Purwakarta
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG--Anda yang melintas ke Kabupaten Purwakarta pasti akan melewati gapura megah yang bernama 'Gapura Indung Karahayuan'.

Pemerhati Budaya Sunda, Farid Farhan, menuturkan, banyak makna  yang terkandung dibalik pembuatannya. Kata gapura sendiri diambil dari kata gafur dalam bahasa Arab yang artinya ampunan.

"Gerbang adalah pintu interaksi dengan dunia luar. Ini adalah simbol inklusifitas dan keterbukaan memberi maaf. Dengan gapura, Purwakarta menawarkan keterbukaan dan keramahan pada dunia," katanya, Senin (20/11/2017).

Sedangkan pada makna 'Indung Karahayuan', kata Farid, merujuk kepada sosok seorang ibu.‎ Peribahasa Sunda menyebut 'Indung Tunggul Rahayu'.

Artinya, pada gapura yang dibangun di Purwakarta, tersebut terkandung makna ibu adalah akar kemuliaan hidup. Manusia akan memperoleh kemuliaan manakala dirinya memperoleh pengampunan dari ibunya.

"Di sini saya lihat Bupati Purwakarta ingin agar orang tua harus menjadi rujukan dalam membuat kebijakan," ucapnya.

Farid menyebutkan, dari aspek bentuk gapura memiliki alas persegi berbentuk kubus. Bagian atas gapura ini memiliki tiga lekukan utama melambangkan 'Tri Tangtu Jaya Dibuana' atau tiga ketentuan hidup.

Lekukan pertama melambangkan Rama, yakni kaum cendekia atau akademisi. Mereka tidak boleh berpolitik. L‎ekukan kedua melambangkan Resi yakni kaum agamawan, kode etiknya pun tidak boleh masuk kedalam ranah kehidupan politik. 

Sementara pada lekukan ketiga melambangkan Prabu, berarti politisi yang bertugas merumuskan dan menjalankan arah kebijakan negara."Ketika Prabu keliru dalam mengolah negara maka kaum Rama dan Resi harus mengingatkan," kata Farid.

‎Selain itu dari aspek bentuk. 'Gapura Indung Karahayuan' memiliki alas persegi yang membentuk kubus. Ini bermakna bahwa kehidupan manusia harus 'masagi' (memiliki instrumen yang cukup) agar dapat menopang diri dan lingkungan disekitarnya.

Apps Bisnis.com available on: