Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Jabar Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir Longsor Hingga Mei 2018

Wisnu Wage Rabu, 15/11/2017 11:03 WIB
Jabar Tetapkan Status Siaga Darurat Banjir Longsor Hingga Mei 2018
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi menetapkan status siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor di 27 kabupaten/kota terhitung 1 November 2017 sampai dengan 31 Mei 2018.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam rilis resmi menyatakan status Siaga Darurat Bencana Banjir dan Bencana Tanah bongsor masa berlakunya dapat diperpanjang ataupun diperpendek sesuai kebutuhan penyelenggaraan penanganan darurat bencana di lapangan.

"Penetapan status siaga banjir dan tanah longsor tersebut didasarkan informasi prakiraan musim hujan tahun 2017/2018 di Provinsi Jawa Barat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," katanya, Rabu (15/11/2017).

Selain itu keputusan juga berdasarkan prakiraan wilayah potensi gerakan tanah di Jabar pada Oktober 2017 dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan dan Geologi.

Sementara itu Kabupaten/kota yang ditetapkan status siaga banjir dan tanah longsor di antaranya Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, dan Garut.

"Kemudian Kabupaten Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, dan Tasikmalaya, serta Kota Bandung dan Banjar," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: