Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Gagal Ke Piala Dunia, Italia Dan Belanda Direncanakan Tampil Di Ajang 'Saingan' Piala Dunia

Ihya Ulum Aldin Rabu, 15/11/2017 19:02 WIB
Gagal ke Piala Dunia, Italia dan Belanda Direncanakan Tampil di Ajang 'Saingan' Piala Dunia
Pemain timnas Italia Federico Bernardeschi saat timnya ditahan imbang Swedia pada leg ke-2 playoff Piala Dunia
Reuters

Bisnis.com, AMERIKA – Pascakegagalan Timnas Italia ikut serta pada gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia, Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (U.S. Soccer Federation, USSF) sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk menyelenggarakan pertandingan internasional pra-Piala Dunia.

Dilansir oleh ESPN FC, ajang ‘saingan’ Piala Dunia ini rencananya melibatkan negara-negara yang gagal berangkat ke Rusia, seperti Amerika Serikat, Italia, Belanda, Ghana dan Cile. Saat ini, USSF sedang menjajaki gagasan tersebut dengan cabang pemasaran Major League Soccer.

USSF mengindikasikan bahwa perundingan sedang dalam tahap eksplorasi. Jadi, belum jelas apakah berbentuk sebuah turnamen atau hanya serangkaian pertandingan persahabatan saja yang melibatkan tim yang disebutkan di atas.

Namun, masing-masing tim yang direferensikan oleh USSF memang telah gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kegagalan Italia mengalahkan Swedia dalam pertandingan dua laga playoff, membuat Gli Azzurri absen di ajang Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

Jauh sebelum Italia, Amerika Serikat sudah lebih dulu dipastikan gagal lolos. Padahal, sejak tahun 1986, mereka tidak pernah absen di ajang empat tahunan ini.

Sementara itu, Belanda yang kultur sepak bolanya kuat, harus mengulang kegagalan lolos ke Piala Dunia seperti tahun 2002 saat Piala Dunia pertama kali digelar di Asia, Korea Selatan dan Jepang.

Cile yang diperkuat oleh Alexis Sanchez, Arturo Vidal, dan Claudio Bravo, juga tidak berangkat Rusia, mengulangi catatakan buruk mereka pada 2006 lali. Padahal mereka merupakan juara bertahan Amerika Selatan dua kali berturut-turut, di mana dua pertandingan finalnya sukses menghempaskan Argentina yang diperkuat pemain-pemain bintang.

Negara-negara lain yang gagal lolos seperti Pantai Gading, Irlandia, Irlandia Utara, dan Slowakia, berpeluang besar turut diundang ke ajang ‘saingan’ Piala Dunia ini.

 

Apps Bisnis.com available on: