Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Bandung Creative Hub Mulai Beroperasi Bulan Depan

Ilham Budhiman Selasa, 14/11/2017 19:20 WIB
Bandung Creative Hub Mulai Beroperasi Bulan Depan
Menperin Airlangga dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di dalam BCH
Atang Rachman/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Bandung Creative Hub (BCH) dijadwalkan mulai beroperasi pada bulan depan atau Desember 2017 seiring dengan selesainya proses pembangunan gedung tersebut sejak beberapa bulan lalu.

"Bandung Creative Hub akan di-launching bulan Desember namun tanggalnya bulan pasti," kata Deputi Sumber Daya Kreatif Komite Ekonomi Kreatif Kota Bandung Galih Sedayu saat dihubungi, Selasa (14/11/2017).

Galih mengatakan, sejauh ini kesiapan fasilitas untuk mewadahi para pelaku ekonomi kreatif di Bandung sudah mendekati target. "Tinggal auditoriumnya yang akan difungsikan sebagai gedung bisokop dan pertunjukkan," ujarnya.

Gedung yang berlokasi d Jalan Laswi Kota Bandung itu disebut-sebut akan menjadi pusat pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung. Dengan anggaran senilai Rp45 miliar, gedung berciri khas unik ini akan menampung segala jenis aktivitas kreatif.

"Nantinya ada 16 subsektor di Bandung Creative Hub tersebut. Tapi, cuma sub sektor desain, fotografi, fesyen, musik dan film yang akan ada ruang khususnya," kata Galih.

Untuk penggunaannya sendiri, akan melalui tahap seleksi dari tim kurator gedung kreatif. Tim kurator akan melakukan penilaian dengan objektivitas baik untuk penjadwalan dan kuratornya.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan meresmikan gedung tersebut pada bulan Mei 2017 lalu. Ridwan Kamil pun berharap peresmian gedung berlantai enam ini dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

Namun, setelah enam bulan berjalan dari waktu yang dijadwalkan, peresmian gedung industri kreatif tersebut urung dilakukan. Gedung yang memiliki 20 ruangan ini seyogyanya tinggal menunggu fungsinya. Gedung ini pun sempat dipamerkan Ridwan Kamil kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada 7 April 2017 lalu.

Apps Bisnis.com available on: