Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

PILWALKOT CIREBON: PAN, PKS Dan Gerindra Bentuk Koalisi Umat

Maman Abdurahman Selasa, 14/11/2017 20:55 WIB
PILWALKOT CIREBON: PAN, PKS Dan Gerindra Bentuk Koalisi Umat
ilustrasi
bisnis/jabar

Bisnis.com, CIREBON—Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerindra di Kota Cirebon Jawa Barat membentuk Koalisi Umat yang merupakan poros baru koalisi partai politik menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Cirebon.

Deklarasi pembentukan Koalisi Umat dilakukan pada Selasa, 14 November 2017 di Hotel Prima Jalan Siliwangi Kota Cirebon yang dihadiri ketiga pengurus partai dan sejumlah tokoh yang selama ini gencar mensosialisasikan diri untuk maju di Pilwalkot.

Ketiga partai tersebut awalnya merupakan inisiator Koalisi Cirebon Maju (KCM) bersama Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merupakan pengusung petahan Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis. Setelah keluar dari KCM, ketiga partai membentuk Koalisi Umat.

Salah satu tokoh di Kota Cirebon, Dede Muharam menyambut baik adanya deklarasi Koalisi Umat yang pada 2 periode Pilwalkot Cirebon sebelumnya berhasil menggalang dukungan yang cukup bagus.

“Koalisi Umat ini memiliki historis yang bagus di masa lalu maka pada Pilwakot Cirebon 2018 ini diharapkan mendapat kemenangan,” katanya.

Berdasarkan informasi di lokasi acara, partai yang tergabung dalam Koalisi Umat nantinya akan terus melakukan komunikasi politik dengan partai lain sehingga komposisi koalisi bisa semakin besar.

Banyaknya partai politik yang tergabung dalam KCM sempat membuat petahana Wali Kota Cirebon merasa yakin bisa meraih kemenangan di Pilwalkot 2018. Keluarnya ketiga partai berarti hanya menyisakan Demokrat dan PKB dalam KCM. (k3)

Apps Bisnis.com available on: